Sunday, July 23, 2017

SEJARAH PO HARUM

Sejarah po harum



Sejarah PO Harum

Penjelasan singkat tentang sejarah PO Harum
Perusahaan jasa angkutan Sari Harum merupakan salah satu anak perusahaan dari Harum Grup. Sebelum dibahas lebih lanjut mengenai Perusahan Sari Harum, akan dibahas terlebih dahulu sejarah singkat perusahaan Harum Gruop. Harum Gruop merupakan perusahaan yang didirikan oleh Bapak H. Otong Hasan. Pemegang saham Harum Gruop adalah Bapak H. Otong Hasan dan Bapak H. Zamzam. Pada awal berdirinya jasa angkutan ini terletak di jalan Jendral Ahmad Yani no. 279, Bandung. Perkembangan perusahaan jasa angkutan Harum Grup dimulai sejak tahun 1953 dalam bentuk perusahaan perseorangan yang memiliki empat unit oplet (sekarang adalah kendaraan yang berukuran sama dengan L300).

Dengan perkembangan ekonomi dan teknologi serta diikuti dengan pertambahan-pertambahan penduduk yang sangat cepat, pengusaha mengalihkan usaha jasa angkutan dari oplet menjadi bus. Hal ini terjadi pada tahun 1965 dan memakai nama perusahaan jasa angkutan Harum Gruop. Jumlah armada bus yang dimiliki pada waktu itu adalah sebanyak tujuh unit bus dan menggunakan kendaraan dari merek Chevrolet dan memiliki tujuan antara lain :
Bandung – Ciamis pp
Tasikmalaya – Cirebon pp
Ciamis - Pangandaran

Seiring dengan perkembangan perusahaan Harum Gruop, pada tahun 1971 Harum Gruop mengembangkan usahanya menjadi lima anak perusahaan , yang bergerak di bidang jasa angkutan. Kelima anak perusahaan itu antara lain :

Sari Harum
Didirikan pada tahun 1971. Berlokasi di Jalan Padasuka No. 29, Bandung. Pemegang sahamnya adalah Bapak Dedy Hasan.
Waspada( sudah punya merdeka grup )
Didirikan pada tahun 1971. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 12, Ciamis. Pemegang sahamnya adalah Bapak Zamzam. Trayek angkutan anak perusahaan ini antara lain :
Banjar – Jakarta
Bandung – Cirebon
Jakarta - Bandung

Harum BSI
Didirikan pada tahun 1976. Berlokasi di Jalan Banteng No. 63, Bandung. Pemegang sahamnya adalah Bapak H.Herly Hasan. Trayek angkutan anak perusahaan ini antara lain :
Bandung – Pekanbaru
Bandung – Jakarta
Bandung – Palembang
Bandung - Purwokerto
Trayek khusus pariwisata

Harum Prima
Didirikan pada tahun 1980. Jalan Soekarno Hatta, Bandung. Pemegang sahamnya adalah Bapak H.Eep Chandra. Trayek angkutan anak perusahaan ini antara lain :
Bandung – Solo
Bandung – Madiun
Banjar – Jakarta
Bandung - Jakarta

Selain jasa angkutan Harum Grup juga mempunyai usaha di bidang Perhotelan dan Restoran. Hotel dan Restoran Harum berlokasi di pantai Pangandaran, Ciamis.

Sumber: 
Febrian ER Ka Wolu 

No comments:

Post a Comment