Thursday, April 27, 2017

LOKASI SIM KELILING JAKARTA BARAT


Lokasi SIM keliling di Jakarta Barat setiap minggu ke-1 dan ke-2 berada di halaman LTC Glodok. Sedangkan untuk minggu ke-3 dan ke-4 berada di halaman selatan Mall Citraland atau disebrang kampus Atmajaya. Untuk siang hari masih lumayan adem karena sinar matahari terhalang oleh bangunan gedung tapi udaranya panas karena berada di luar ruangan. Fasilitas tempat menunggu seadaanya karena jumlah kursi plastik yang terbatas.

Jam kerja sepertinya mulai dari jam 8 sampai jam 2 siang saja. Untuk perpanjangan SIM A dan C yang harus dibawa adalah SIM asli, KTP asli, fotokopi SIM dua lembar. Pertama datang tunjukkan SIM asli kepada petugas untuk meminta form biru yang berisi identitas pemilik SIM. Form biru diisi dengan lengkap dan dilampirkan photokopi SIM dan photokopi KTP masing-masimng satu lembar untuk diserahkan ke petugas yang tadi.

Tunggu waktu pemanggilan bisa sampai 1 jam lebih sesuai dengan antrian, kepadata, dan hari (jika sebelum dan sesudahnya akan ada hari libur). Setelah menunggu sejaman, pemohon perpanjangan SIM akan dipanggil dan naik ke truk SIM keliling. Di atas truk, pemohoan akan dicek mata apakah minus atau plus oleh petugas. Oleh petugas itu, pemohon membayar uang perpanjangan SIM sebesar Rp. 130.000,-.Setelah cek mata, pemohon akan pindah ke tempat perekaman data dan foto SIM. Setelah semua berkas dimasukkan ke komputer Pak Polisi, SIM langsung tercetak sekitar 2 menit. 

Setelah SIM diserahkan, pemohon melaminating atau memasang anti gores ke petugas form biru tadi dengan membayar uang sebesar Rp. 5.000,- saja. Setelah itu dipanggil oleh petugas asuransi dari POLRI dengan memberikan photokopi KTP. Selembar photokopi tersebut akan ditukarkan dengan kartu asuransi dan kuitansi asuransi secara gratis.  Selesai deh.


KESIMPULAN:
1. Truk SIM keliling ada di sebelah selatan mall Citraland atau seberang kampus UNTAR
2. Waktu pelakasaan hari senin-jumat jam 8 pagi - 2 siang
3. Membawa KTP dan SIM asli
4. Membawa photokopi SIM 1 lembar
5. Membawa photokopi KTP 2 lembar
6. Membayar Rp. 135.000,- untuk perpanjangan SIM
7. Membayar Rp 4.000,- untuk parkir sepeda motor




No comments:

Post a Comment