Monday, May 2, 2016

RANGKUMAN 8 IPS SMP : PRANATA SOSIAL


8 smp: bab 13 pranata sosial


1.       Pranata adalah seperangkat aturan yang berkaitan dengan kebutuhan sosial tertentu.

2.       Pranata sosial adalah seperangkat aturan dalam suatu kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat dan kepedulian terhadap kepentingan umum.

3.       Heirarki tingkatan kebutuhan dasar manusia:
a.        Kebutuhan fisiologis: mencakup kebutuhan jasmani seperti rasa lapar, haus, pakaian, rumah.
b.       Kebutuhan keamanan: mencakup keselamatan serta perlindungan terhadap kerugian fisik dan emosional.
c.        Kebutuhan sosial: mencakup rasa kasih sayang, rasa dimiliki, diterima baik, dan persahabatan.
d.       Kebutuhan penghargaan: mencakup faktor internal seperti harga diri, ego, dan prestasi; serta faktor eksternal seperti status, perhatian, dan pengakuan diri.
e.       Kebutuhan perwujudan diri: mencakup dorongan untuk pertumbuhan, pencapaian potensi, dan pemenuhan diri.

4.       Bentuk pranata dalam kehidupan masyarakat:
a.        Pranata agama (kepercayaan): bertujuan untuk memenuhi kebutuhan beribadah dalam hubungan manusia secara vertical terhadap Tuhan YME. Contoh: tata cara beribadah.
b.       Pranata ekonomi: bertujuan untuk memenuhi kebutuhan material yang mencakup kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Contoh: perindustrian.
c.        Pranata pendidikan: bertujuan untuk mengem-bangkan kepribadian dan kemampuan. Contoh: pendidikan formal, nonformal, dan informal.
d.       Pranata politik: bertujuan untuk mendapatkan kekuasaan dengan berbagai cara dan alat untuk mencapai tujuan bersama dalam bermasyarakat. Contoh: partai politik dan pemerintahan.
e.       Pranata somatic: bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kenyamanan hidup. Contoh: kebugaran, hiburan, dan perawatan tubuh.
f.         Pranata kesenian (estetika): bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan rasa keindahan. Contoh: seni rupa, seni tari, dan seni suara.
g.        Pranata penelitian: bertujuan untuk menyelesaikan masalah, menemukan hal baru, dan menguji dugaan sementara.

5.       Pranata keluarga adalah kelompok orang yang dipersatukan oleh ikatan perkawinan, pertalian darah, dan adopsi yang terbentuk dalam satu rumah tangga yang saling berinteraksi dan berkomunikasi.

6.       Karakteristik pranata keluarga:
a.        Terdiri dari orang-orang karena ikatan perkawianan, hubungan darah, atau adopsi.
b.       Umumnya memiliki anggota keluarga yang hidup bersama dalam satu rumah.
c.        Keluarga merupakan satu kesatuan orang-orang yang saling berinteraksi dan berkomunikasi.
d.       Suatu keluarga dapat mempertahankan kebudayaan secara bersama.

7.       Macam-macam keluarga menurut Goode:
a.        Keluarga inti: keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak.
b.       Keluarga inti tanpa anak: keluarga yang hanya terdiri dari suami dan istri.
c.        Keluarga besar atau luas: satuan keluarga yang lebih dari satu generasi.

8.       Peranan fungsi pranata keluarga:
a.        Fungsi proteksi (keamanan): wahana untuk mengembangkan pribadi, keluarga, dan anggota masyarakat agar tetap dan bertambah keimanan.
b.       Fungsi kebudayaan: wahana untuk membina keluarga agar tetap menghormati dan mengembangkan kebudayaan masyarakat.
c.        Fungsi biologis (reproduksi): wahana untuk melanjutkan keturunan fuatcepat yang sehat, berencana, dan mampu mensejahterakan keluarga.
d.       Fungsi sosialisasi (pendidikan): wahana pendidikan pertama dan utama dalam mempersiapkan generasi baru yang lebih baik.
e.       Fungsi proteksi (perlindungan) wahana untuk mengembangkan kepercayaan bahwa keluarga memberikan rasa aman dan nyaman.
f.         Fungsi pelestarian lingkungan: wahana untuk mempertahankan, merawat, dan menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman.

9.       Pranata agama adalah seperangkat aturan yang mengatur kehidupan manusia, manusia dengan manusia, dan manusia dengan Sang Pencipta.

10.    Fungsi peranan pranata agama yaitu sebagai pegangan sekaligus dorongan atau motivasi spiritual individu dalam bertingkahlaku.

11.    Fungsi pranata agama
a.        Fungsi manifest: pendidikan agama disampaikan melalui pernyataan terbuka, sarat muatan, dan dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat melalui doktrin, ritual, dan perilaku.
b.       Fungsi laten: pendidikan agama yang sebagian kegiatannya tanpa disadari dapat berkembang menjadi pendorong munculnya kegiatan lain seperti seni arsitektur bangunan tempat ibadah.

12.    Pranata ekonomi adalah segala kegiatan dan usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa untuk mencapai kemakmuran hidup.

13.    Sistem ekonomi adalah hubungan natara komponen-komponen ekonomi dengan kerangka hukum dan adat yang mengatur tentang bagaimana komponen-komponen tersebut bekerja.

14.    Sistem ekonomi yang terdapat di dunia:
a.        Sistem ekonomi kapitalisme: sistem ekonomi yang ditandai dengan adanya hak milik swasta atas alat-alat produksi.
b.       Sistem ekonomi sosialisme: sistem ekonomi yang ditandai dengan adanya kepemilikan dan pengawasan pemerintah pada kegiatan industry.
c.        Sistem ekonomi komunisme: sistem ekonomi yang berlandaskan cita-cita masyarakat bersama yang menganut paham bahwa setiap orang hidup dan bekerja.
d.       Sistem ekonomi campuran: sistem ekonomi yang mengabungkan macam-macam sistem ekonomi.

15.    Tahapan manusia dalam memanfaatkan SDA untuk memenuhi kebutuhan pangan:
a.        Masa manusia bergantung pada alam
b.       Masa manusia memanfaatkan alam
c.        Masa manusia mendominasi alam
d.       Masa penyatuan manusia dengan alam
16.    Sistem ekonomi merupakan kegiatan sosial yang berhubungan dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

17.    Kegiatan produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau jasa yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan orang lain melalui perdagangan.

18.    Kegiatan ekonomi yang terdapat unsur produksi:
a.        Perburuan dan pengumpulan makanan
b.       Pertanian: kegiatan mengolah tanah
c.        Peternakan: kegiatan membudidayakan hewan
d.       Perikanan: usaha pemeliharaan dan penangkapan ikan
e.       Perindustrian: kegiatan mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi menjadi barang bernilai tinggi
f.         Perdagangan: kegiatan penjualan dan pembelian barang untuk menyampaikan barang ke konsumen
g.        Jasa: kegiatan dalam memberikan pelayanan

19.    Tujuan pembangunan industry:
a.        Memperluas kesempatan kerja
b.       Memperkokoh perekonomian negara
c.        Mmperluas dn meratakan kesempatan berusaha
d.       Mningkatkan pndapatan masyarakat dan negara
e.       Mengurangi ketergantungan impor

20.    Macam-macam sistem kegiatan distribusi:
a.        Sistem distribusi liberal: dilakukan pihak swasta
b.       Sistem distribusi trpimpin: dilakukan pemerintah
c.        Sistem distribusi campuran: dilakukan pihak swasta dan perusahaan negara

21.    Kegiatan konsumsi dikelompokan menjadi:
a.        Konsumsi teknis: suatu kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan barang/jasa baru sebagai hasil produksinya fuatcepat.

b.       Konsumsi perseorangan: suatu kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh seseorang untuk menggunakan barang/jasa secara pribadi.
c.        Konsumsi negara: suatu kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh negara untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan rakyatnya.

22.    Pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan individu di dalam dan di luar sekolah yang berlangsung seumur hidup.

23.    Menurut UU No. 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk mempersiapkan di masa mendatang.

24.    Macam-macam pendidikan:
a.        Pendidikan formal: pendidikan yang diperoleh seseorang di sekolah secara teratur, sistematis, bertingkat, serta mengikuti syarat-syarat yang jelas dan tegas.
b.       Pendidikan nonformal: pendidikan yang diperoleh seseorang di lembaga kursus secara, teratur, terarah, dan tidak terlalu mengikuti peraturan yang ketat.
c.        Pendidikan informal: pendidikan yang diperoleh  dari pengalaman sehari-hari secara sadar atau tidak sadar sejak lahir hingga akhir hayatnya.

25.    Fungsi peran pranata pendidikan:
a.        Fungsi manifest: pendidikan yang bersifat pernyataan terbuka, sarat muatan, dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat untuk mencari pekerjaan.
b.       Fungsi laten: pendidikan memiliki fungsi yang bersifat tersembunyi atau tersamarkan misalnya untuk membuka lapangan pekerjaan dan memperpanjang masa remaja.

26.    Pranata politik adalah kegiatan partai politik sebagai organasisi kemasyarakatan yang memiliki cirri khas fuatcepat tersendiri dan bertujuan untuk mendapatkan kekuasaan.

27.    Fungsi peran pranata politik:
a.        Sarana komunikasi politik: dilaksanakan dengan cara mendengarkan, mengidentifikasi, merumuskan, menggabungkan, dan menyikapi aspirasi rakyat untuk kemudian dilaksanakan dalam program kerja.
b.       Sarana sosialisasi berpolitik: pranata politik untuk menyebarkan, menjelaskan, dan mengajak masyarakat untuk menghayati nilai dan norma politik.
c.        Sarana rekruitmen politik: usaha pranata politik untuk membina sekelompok orang untuk menjadi kader anggota organisasi politik.

d.       Sarana pengatur konflik: pranata politik membuat kesepakatan aturan secara adil dan mendukung aturan yang telah ada.



No comments:

Post a Comment