Friday, May 20, 2016

8 SMP EKONOMI: PEMBENTUKAN HARGA PASAR


8 P EKONOMI: PEMBENTUKAN HARGA PASAR


1.       Faktor yang menentukan harga adalah permintaan dan penawaran.

2.       Permintaan = keinginan – kesediaan – kemampuan – permintaan – konsumsi.

3.       Keinginan adalah sesuatu yang diinginkan berupa kehendak, kemauan, hasrat, dan harapan.

4.       Permintaan adalah jumlah barang yang disertai kemampuan dan kesediaan untuk membeli barang/jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.

5.       Unsur permintaan:
a.        Konsumen
b.       Jumlah barang/jasa yang diminta
c.        Tingkat harga barang
d.       Terjadi dalam waktu tertentu

6.       Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan orang/lembaga untuk memperoleh manfaat/nilai guna barang atau jasa.

7.       Faktor yang mempengaruhi permintaan:
a.        Mode/selera konsumen
b.       Harga barang/jasa
c.        Harga barang subsitusi dan komplementer
d.       Pendapatan masyarakat
e.       Perkiraan harga di masa datang
f.         Jumlah penduduk

8.       Mode adalah ragam/cara/bentuk terbaru pada waktu tertentu, misalnya mode kendaraan.

9.       Selera adalah kesenangan/kesukaan pada barang/jasa yang dipengaruhi oleh pendapatan, pendidikan, dan kondisi wilayah.

10.    Jika mode/selera suatu produk barang sedang tinggi, maka permintaan akan semakin tinggi.

11.    Harga barang adalah nilai yang diberikan barang/jasa dalam satuan jenis mata uang.

12.    Jika harga barang/jasa tinggi, mka permintaan turun.

13.    Barang subsitusi adalah barang yang nilai gunanya dapat menggantikan nilai/fungsi barang lain, misale jas hujan dengan payung.

14.    Permintaan suatu barang/jasa berbanding terbalik dengan barang subsitusinya.

15.    Semakin banyak jumlah barang subsitusi, maka harga semakin rendah.

16.    Barang komplementer adalah barang yang nilai gunanya dapat melengkapi nilai guna barang lain, misale flasdisk dengan computer.

17.    Permintaan suatu barang/jasa berbanding lurus dengan permintaan barang komplementernya.

18.    Pendapatan adalah jumlah uang/dana yang dimiliki dan mencerminkan kemampuan seseorang untuk membeli/memiliki barang/jasa.

19.    Semakin besar pendapatan seseorang, maka permintaan atas suatu produk akan semakin besar.

20.    Perkiraan dan harapan konsumen: jika harga diperkirakan naik, maka permintaan atas suatu produk akan meningkat.

21.    Jumlah penduduk: semakin besar jumlah penduduk, maka permintaan atas suatu produk akan meningkat.

22.   Macam-macam permintaan berdasarkan sifatnya:
a.        Permintaan absurb: permintaan yang tidak didukung daya beli.
b.       Permintaan potensial: permintaan yang didukung daya beli, namun belum ada keinginan untuk membeli suatu produk.
c.        Permintaan efektif: permintaan yang didukung dengan kemampuan untuk membeli.

23.   Macam-macam permintaan berdasarkan sumbernya:
a.        Permintaan individu: permintaan oleh satu individu saja.
b.       Permintaan pasar: penjumlahan dari seluruh permintaan individu secara kolektif.

24.    Kurva permintaan memiliki kemiringan negatif, artinya harga dan jumlah permintaan bergerak berlawanan dari kiri atas ke kanan bawah.

25.    Tabel permintaan helmku
Titik
Harga (Rp.)
Jumlah Penawaran (unit)
A
30.000
30
B
32.000
25
C
34.000
20
D
36.000
15
E
38.000
10
F
40.000
5
(no pict)

26.    Hukum permintaan: jika faktor-faktor selain harga tidak berubah (ceteris paribus), maka harga suatu produk berbanding terbalik dengan permintaan.

27.    Jika harga naik maka permintaan akan turun, tetapi hal ini tidak berlaku jika faktor-faktor lain yang mempengaruhi permintaan berubah (ceteris paribus).

28.    Misalnya saat ini sedang trend batu akik, walaupun harganya tinggi, permintaan terhadap barang tersebut tetap tinggi.

29.    Penawaran adalah keinginan yang disertai dengan kesediaan dan kemampuan untuk menjual barang/jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu.

30.    Penawaran didukung dengan kegiatan produksi sehingga penawaran baru dapat terjadi apabila didahului oleh proses produksi.

31.    Produksi adalah kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna/fungsi suatu barang/jasa.

32.   Faktor-faktor yang menentukan penawaran:
a.        Harga produk
b.       Biaya produksi dan harga bahan baku
c.        Teknologi
d.       Jumlah produsen
e.       Pajak atau subsidi dari pemerintah
f.         Perkiraan harga di masa datang
g.        Harga barang subsitusi dan komplementer

33.    Harga produk: semakin tinggi harga suatu produk, maka semakin besar penawaran yang terjadi, misalnya ketika harga batu akik naik, maka akan banyak pedagang yang menjual batu akik.

34.    Biaya produksi dan harga bahan baku: jika biaya produksi dan harga bahan baku rendah, maka penawaran akan meningkat, misalnya apabila bahan baku membuat tempe murah, maka produsen akan membuat tempe lebih banyak.

35.    Teknologi: semakin tinggi teknologi, maka penawaran semakin banyak, misalnya perkembangan teknologi gadget membuat penawaran gadget meningkat.

36.    Jumlah produsen: semakin banyak jumlah produsen, maka penawaran terhadap barang/jasa akan meningkat, misalnya ketika tahun baru banyak pedagang yang menjual terompet, sehingga penawaran terhadap terompet meningkat.

37.    Pajak/subsidi dari pemerintah: pajak akan menambah biaya produksi, sehingga jika pajak naik maka produk yang ditawarkan produsen akan berkurang. Sedangkan subsidi sebaliknya.

38.    Perkiraan harga barang di masa depan: jiak produsen memperkirakan harga akan naik, maka produsen cenderung menahan barang produksinya sehingga penawaran akan turun. Contoh: jika harga BBM akan naik, maka penjual cenderung akan menimbun barang tersebut sehingga penawaran BBM berkurang.

39.    Harga barang subsitusi dan komplementer: jika harga suatu produk naik, maka harga produk subsitusi dan komplementer akan ikut naik sehingga penawaran terhadap produk tersebut akan naik.

40.   Macam-macam penawaran:
a.        Penawaran individual: pola penawaran yang dilakukan oleh sesorang
b.       Penawaran pasar (kolektif): jumlah dari berbagai penawaran individual

41.    Kurva penawaran : harga suatu produk dengan jumlah penawaran memiliki kemiringan positif, artinya semakin tinggi harga suatu produk maka semakin tinggi pula produk yang ditawarkan.

42.    Tabel penawaran helmku
Titik
Harga (Rp.)
Jumlah Penawaran (unit)
A
30.000
5
B
32.000
10
C
34.000
15
D
36.000
20
E
38.000
25
F
40.000
30
(no pict)

43.    Hukum penawaran: jika faktor-faktor lain selain harga tidak berubah (ceteris paribus) maka harga produk  berbanding lurus dengan penawaran.

44.    Hukum penawaran berbunyi: jika harga naik, maka penawaran juga akan naik begitupula sebaliknya.

45.    Harga keseimbangan: permintaan dan penawaran memiliki kekuatan yang sama untuk menciptakan harga keseimbangan/harga pasar (equilbrum).

46.    Harga keseimbangan (harga pasar) adalah harga yang terbentuk ketika jumlah permintaan dan penawaran sama atau seimbang.

47.    Proses terbentuknya harga pasar terbentuk dari tawar-menawar antara penjual dan pembeli.

48.    Kurva harga keseimbangan:
Situasi
Harga (Rp.)
Permintaan
Penawaran
A
500.000
5.000
2.000
B
600.000
4.000
3.000
C
750.000
3.500
3.500
D
800.000
2.000
4.000
E
1.000.000
1.000
5.000



49.    Politik harga adalah campur tangan pemerintah untuk mempengaruhi harga suatu barang atau jasa.

50.    Bentuk politik harga:
a.        Secara langsung : menatapkan harga minimum dan harga maksimum.
b.       Secara tidak langsung: mempengaruhi jumlah penawaran dan permintaan sehingga terbentuk harga pasar.

51.    Harga minimum: melindungi produsen agar tetap mampu menghasilkan barang/jasa.

52.    Harga maksimum: melindungi konsumen agar tetap memiliki daya beli.

53.    Sumber: handout dari gurunya.




SOAL 8 SMP EKONOMI: PEMBENTUKAN HARGA PASAR


1.       Jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu disebut ….
a.        Faktor permintaan            c. penawaran
b.       Hukum permintaan           d. permintaan
2.       Perhatikan pernyataan di bawah ini:
No.
A
B
C
1.
Menurunnya jumlah ketika harga naik
Berbanding searah
Berbanding terbalik
2.
Jumlahnya meningkat sejalan dengan kenaikan harga
Tidak ada hubungan
Berbanding lurus
Pernyataan-pernyataan yang menggambarkan hubungan permintaan dengan harga adalah ….
a.        Pernyataan A1 dan C1     c. pernyataan B2 dan C1
b.       Pernyataan A2 dan B1     d. pernyataan C1 dan C2
3.       Dalil (hukum) ekonomi yang mengatakan bahwa permintaan terhadap suatu barang/jasa cenderung turun jika harga barang/jasa tersebut naik, dan sebaliknya. Ceteris paribus adalah ….
a.        Hukum ekonomi                c. hukum permintaan
b.       Prinsip ekonomi                d. hukum penawaran
4.       Berikut ini yang dapat menyebabkan harga suatu barang naik (ceteris paribus) adalah ….
a.        Pemerintah meningkatkan subsidi BBM
b.       Saat hari raya permintaan daging meningkat
c.        Meningkatkan produksi beras ketika panen tiba
d.       Operasi pasar untuk mengatasi kelangkaan beras
5.       Berikut ini adalah kondisi yang dapat meningkatkan jumlah penawaran adalah ….
a.        Perkiraan produsen baha perekonomian akan memburuk
b.       Ditemukannya mesin-mesin baru untuk mempersingkat waktu produksi
c.        Jatuhnya harga barang yang akan diproduksi
d.       Naiknya biaya produksi dan harga bahan baku
6.       Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap bahan bangunan mengakibatkan naiknya permintaan ….
a.        Semen, batu bata, pasir        c. pasir, batu bata
b.       Semen, baru akik, pasir         d. cat tembok, pasir
7.       Dengan asumsi ceteris paribus, manakah dari hal-hal berikut yang menyebabkan kenaikan permintaan daging sapi?
a.        Penurunan selera konsumen
b.       Turunya pendapatan konsumen
c.        Penurunan harga daging sapi
d.       Kenaikan harga daging kambing
8.       Yang membuat produsen lebih bersemangat untuk meningkatkan pasokan barang/jasanya adalah ….
a.        Faktor produksi yang digunakan banyak
b.       Harga barang yang diproduksi tinggi
c.        Jumlah produsen yang banyak
d.       Ongkos produksi yang tinggi
9.       Perhatikan kurva penawaran di bawah ini:
                                           
(no pict)
Berdasarkan kurva di atas, dapat disimpulkan bahwa ..
a.        Makin tinggi tingkat harga, makin sedikit jumlah barang yang diminta
b.       Makin rendah tingkat harga, makin banyak jumlah barang yang diminta
c.        Makin banyak barang yang ditawarkan, makin rendah tingkat harga
d.       Makin tinggi tingkat harga, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan
10.    Perhatikan kurva penawaran di bawah ini:
(no pict)

Berdasarkan kurva penawaran di atas, pada tingkat harga berapakah jumlah penawaran terhadap barang paling tinggi dan paling rendah adalah ….
a.        Rp. 40.000,- dan Rp. 30.000,-
b.       Rp. 40.000,- dan Rp. 38.000,-
c.        Rp. 30.000,- dan Rp. 32.000,-
d.       Rp. 36.000,- dan Rp. 36.000,-
11.    Hubungan antara upah dengan permintaan tenaga kerja adalah berbanding ….
a.        Lurus                                   c. Terbalik
b.       tinggi                                   d. rendah
12.    Yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi permintaan adalah ….
a.        Jumlah uang yang tersedia
b.       Teknologi
c.        Selera masyarakat
d.       Waktu
13.    Perhatikan kurva di bawah ini:
(no pict)
P
1                                            
Yang dimaksud dengan harga keseimbangan antara pembeli dan penjual adalah nomor …..
a.        1                b. 2                    c. 3                  d. 4
14.    Produsen atau penjual selalu mengininkan harga yang tinggi agar ….
a.        Memperoleh keuntungan yang besar
b.       Barang yang dijual cepat habis
c.        Barang yang dijual tidak terbeli
d.       Memperoleh kerugian yang besar
15.    Perhatikan tabel di bawah ini:
Tabel. Permintaan dan Penawaran Sepatuku
Situasi
Harga (Rp.)
Permintaan
Penawaran
A
500.000
5.000
2.000
B
600.000
4.000
3.000
C
750.000
3.500
3.500
D
800.000
2.000
4.000
Harga keseimbangan terjadi pada situasi ….
a.        A                 b. B                  c. C                   d. D
16.    Kurva permintaan yang tundak pada hukum permintaan berbentuk garis ….
a.        Lurus sejajar dengan sumbu horizontal
b.       Miring dari kiri bawah ke kanan atas
c.        Lurus sejajar dengan sumbu vertical
d.       Miring dari kiri atas ke kanan bawah
17.    Perhatikan kurva permintaan di bawah ini:
(no pict)

Pada harga berapakah jumlah permintaan mijon paling banyak?
a.        Rp. 40.000,-                       c. Rp. 32.000,-
b.       Rp. 38.000,-                       d. Rp. 30.000,-
18.    Pengertian permintaan berdasakan asumsi disebut ….
a.        ceteris paribus                  c. Harga konstan
b.       jumlah barang konstan     d. Rasional
19.    Hukum permintaan berbunyi ….
a.        Bila harga naik, permintaan naik
b.       Bila harga turun, permintaan turun
c.        Bila harga naik, permintaan turun
d.       Bila harga tetap, permintaan naik
20.    Harga keseimbangan endomi adalah harga dimana ….
a.        Biaya produksi paling murah
b.       Jumlah endomi yang diminta sama dengan jumlah endomi yang ditawarkan
c.        Setiap konsumen mampu membeli endomi
d.       Setiap penjual mampu menjual endomi



1.       Buatlah kurva permintaan, kurva penawaran, dan kurva harga pasar dari tabel di bawah ini!
Harga Sepatu (Rp.)
Permintaan (D)
Penawaran (S)
(P)
(Q)
150.000
80
30
160.000
60
40
170.000
50
50
180.000
45
60
190.000
40
80

2.       Tentukan harga pasar dari tabel di atas!
3.       Apa dalil hukum permintaan dan penawaran?
4.       Sebutkan 5 faktor yang mempengaruhi permintaan!
5.       Sebutkan 5 faktor yang mempengaruhi penawaran!




No comments:

Post a Comment