Tuesday, April 5, 2016

RANGKUMAN : 7 SMP KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK (B)


7 SMP - P GEOGRAFI UH.2 SEMESETER 2


1.       Indonesia terletak di antara pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu …. Lempeng Eurasia (barat), Lempeng Indo-Australia (selatan), dan Lempeng Pasifik (timur).

2.       Akibat Indonesia terletak di antara pertemuan tiga lempeng tektonik adalah …. Indonesia memiliki variasi bentuk muka bumi seperti pegunungan.

3.       Relief muka bumi adalah …. Bentuk-bentuk muka bumi seperti dataran rendah dan pegunungan yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

4.       Salah satu cirri kajian geografi adalah … hubungan antara unsure fisik dan unsure sosial serta unsure sosial dan unsure sosial yang menyebabkan terjadinya interaksi sosial di permukaan bumi.

5.       Kondisi fisik adalah …. Karakteristik suatu dari suatu wilayah yang antara lain berupa temperature udara, hujan, iklim, tanah, air, dan topografi lahan.

6.       Kondisi sosial adalah …. Karakteristik aktivitas penduduk atau masyarakat di suatu wilayah  yang menyebabkan terjadinya interaksi sosial.

7.       Wilayah daratan memiliki berbagai bentuk muka bumi, seperti …. Pegunungan, perbukitan, dataran tinggi, lembah, dataran rendah, dan pantai.

8.       Pegunungan adalah …. Deretan gunung-gunung yang memiliki ketinggian bervariasi lebih dari 600 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

9.       Kondisi fisik wilayah pegunungan:
a.       Temperature udara bervariasi dari sejuk hingga dingin mencapai 5°C
b.      Memiliki curah hujan yang tinggi
c.       Topografinya bergunung
d.      Tanahnya agak tipis dan relative kurang subur
e.      Air tanahnya dalam

10.   Contoh wilayah pegunungan yang ada di Indonesia yaitu …. Peg. Kendeng (Jawa Tengah), Peg. Mekongga (Sulawesi Tenggara), Peg. Sudirman (Papua Tengah), dan Peg. Bromo (Jawa Timur).

11.   Dataran tinggi adalah …. Wilayah datar dengan ketinggian lebih dari 500 mdpl.

12.   Kondisi fisik wilayah dataran tinggi:
a.       Temperatur udara bervariasi dari sejuk hingga dingin sekitar 5°C - 6°C
b.      Curah hujan tinggi
c.       Topografi datar
d.      Tanah agak tipis sampai agak tebal dan relative kurang subur
e.      Air tanah relative dangkal
13.   Contoh dataran tinggi di Indonesia, yaitu …. Dieng (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Gayo (Aceh).

14.   Dataran rendah adalah …. Bentuk relief muka bumi yang relative datar dan terletak pada ketinggian kurang dari 200 mdpl.

15.   Karakteristik fisik wilayah dataran rendah:
a.       Temperature udara biasanya panas dengan suhu rata-rata 25°C
b.      Curah hujan sedang
c.       Topografinya datar
d.      Lapisan tanah agak tebal sampai tebal dan relative subur
e.      Air tanahnya dangkal

16.   Contoh dataran rendah di Indonesia yaitu …. Sidoarjo (Jawa Timur), Surakarta (Jawa Tengah), dan Makassar (Sulawesi Tenggara).

17.   Wilayah pantai adalah …. Wialyah yang terletak antara pasang surut air laut.

18.   Wilayah pesisir adalah …. Wilayah yang letaknya berbatasan dengan laut dan suasananya terpengaruh oleh suasana laut.

19.   Kondisi fisik wilayah pantai (pesisir):
a.       Temperature udara tinggi
b.      Curah hujan sedang
c.       Topografi datar sampai bergelombang
d.      Tanah kurang subur
e.      Air tanah dangkal (air tawar dan payau)
f.        Terdapat muara sungai

20.   Contoh wilayah pantai yang ada di Indonesia yaitu …. Kuta (Bali), Parangtritis (Jogjakarta), dan Losari (Sulawesi Selatan).

21.   Aktivitas penduduk di wilayah pegunungan yaitu …. Wilayah pegunungan dimanfaatkan untuk  tanaman hias, pertanian lahan kering, hutan dan perkebunan.

22.   Peranan hutan adalah …. Untuk mengurangi besarnya laju erosi tanah dan mengatur tata air wilayah yang ada di bagian bawahnya.

23.   Mata pencaharian penduduk di wilayah pegunungan sebagian besar adalah …. Bertani yang membudidayakan tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan serta untuk perkebunan.

24.   Mengapa wilayah pegunungan tidak ditanami padi? Karena wilayah pegunungan memiliki topografi bergunung dengan lereng yang relative curam dan suhu yang agak dingin.

25.   Pada lereng yang curam sebaiknya jangan ditanami tanaman pangan, tetapi …. Ditanami dengan tanaman keras agar laju erosi dapat diperkecil sehingga tidak terjadi tanah longsor atau banjir di bawah lereng tersebut.

26.   Wilayah pegunungan memiliki suhu udara yang dingin, sehingga kebanyakan rumah dibangun menggunakan …. Atap seng agar pada siang hari menyerap panas dan ventilasi sendikit agar angin yang dingin tidak banyak masuk ke dalam rumah.

27.   Pola permukiman yang terdapat di wilayah pegunungan umumnya berbentuk …. Mengelompok mendekati sumber air atau mendekati tanah yang subur untuk pertanian.

28.   Transportasi yang digunakan di wilayah pegunungan adalah …. motor, mobil, dan bus.

29.   Transportasi air tidak dapat digunakan di wilayah pegunungan karena …. Aliran air sungai relative deras dan lerengnya terjal atau curam.

30.   Wilayah dataran tinggi di Indonesia umumnya digunakan untuk …. Pertanian, tanaman hiasa, dan perkebunan.

31.   Mata pencaharian penduduk di wilayah dataran tinggi adalah …. Petani dengan jenis tanaman yang dibudidayakan umumnya tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan.

32.   Kebanyakan rumah di dataran ditinggi dibangun dengan menggunakan ….atap seng dan ventilasi sedikit.

33.   Pola permukiman di wilayah dataran rendah adalah …. Mengelompok

34.   Semua transportasi darat dapat digunakan di wilayah dataran tinggi karena …. Mempunyai lereng yang relative datar.

35.   Wilayah dataran rendah merupakan …. Daerah yang penuh dengan kedinamisan dan penduduk yang sangat beragam.

36.   Keanekaragaman aktivitas penduduk dikarenakan oleh …. Adanya heterogenitas mata pencaharian penduduk yang menyebabkan interaksi sosial semakin kompleks.

37.   Mata pencaharian penduduk di wilayah dataran rendah adalah …. Petani, pedagang, buruh, pegawai kantor, dan pekerjaan lainnya.

38.   Pada umumnya pola permukiman di dataran rendah …. Beragam seperti memanjang, memusat, dan menyebar berbaur menjadi satu kesatuan.

39.   Transportasi yang mudah mendorong daerah dataran rendah menjadi …. Pusat kegiatan ekonomi

40.   Wilayah dataran rendah menjadi pusat aktivitas penduduk seperti …. Pusat pemerintahan, pusat komunikasi, pusat pendidikan, pusat industry, pusat kebudayaan, dll.

41.   Jenis pertanian yang dikemangkan di dataran rendah adalah …. Tanaman padi dan palawija dengan suhu yang tinggi, curah hujan sedang, dan kemudahan membuat saluran irigasi.

42.   Sebagaian besar penduduk pantai dan pesisir bermata pencaharian sebagai …. Nelayan, karena daerah pantai dekat dengan laut yang banyak terdapat hasil laut seperti ikan.

43.   Sebagian penduduk pantai juga membudidayakan ikan dengan cara …. Membuat tambak

44.   Kegiatan pertanian di wilayah pantai kurang berkembang karena …. Tanahnya kurang subur dan beberapa tempat berupa rawa yang tergenang air.

45.   Wilayah rawa dimanfaatkan untuk …. Hutan bakau (mangrove) yang berfungsi untuk menjaga kawasan pantai dari abrasi, habitat berbagai spesies air, dan mengurangi terjadinya intrusi air laut.

46.   Sebagaian wilayah pantai yang landai dimanfaatkan untuk …. Tempat pariwisata dan pelabuhan sehingga aktivitas perdagangan dapat berlangsung.

47.   Rumah di wilayah pantai …. memakai atap dari genteng dan banyak ventilasi udara agar terasa lebih sejuk.

48.   Pola permukiman di wilayah pantai …. Berbentuk memanjang mengikuti garis pantai.

49.   Pola permukiman memanjang memiliki resiko yang tinggi apabila terjadi …. Tsunami, sehingga warga harus waspada apabila terjadi gempa dan pergi ke daerah yang lebih tinggi.


50.   Good luck, semoga nilai di atas 80.


No comments:

Post a Comment