Friday, March 11, 2016

UTS GENAP 8 SMP P 2016 – SOSIOLOGI


UTS GENAP 8 SMP P 2016 – SOSIOLOGI



1.       Penyimpangan sosial adalah bentuk interaksi dari seseorang yang berperilaku tidak sesuai dengan harapan kelompok.

2.       Ciri-ciri penyimpangan sosial:
a.        Dampak dari masalah pribadi atau masalah sosial
b.       Bentuk penolakan dari masyarakat
c.        Bersifat universal atau umu
d.       Dapat dilihat secara verbal dan tingkah laku
e.       Aspek-aspek simbol seperti sikap, emosi, dan nafsu seseorang

3.       Bentuk-bentuk penyimpangan sosial:
a.        Penyimpangan primer: bersifat sementara, masih diterima masyarakat, dampaknya kecil. Contoh: perubahan tingkah laku remaja
b.       Penyimpangan sekunder: bersifat tetap, tidak diterima masyarakat, dampaknya besar. Contoh: korupsi, membunuh, merampok

4.       Sifat penyimpangan sosial:
a.        Penyimpangan positif: penyimpangan yang terarah pada nilai-nilai sosial yang didambakan meskipun cara yang dilakukan terlihat menyimpang dari norma yang berlaku. Contoh: montir perempuan
b.       Penyimpangan negatif: kcenderungan bertindak ke arah nilai-nilai sosial yang dipandang rendah dan berakibat buruk. Contoh: pemberontakan

5.       Pelaku penyimpangan sosial:
a.        Penyimpangan indivisu: dilakukan oleh seseorang. Contoh: menyontek, pencurian
b.       Penyimpangan kelompok: dilakukan oleh beberapa orang. Contoh: penjarahan, demonstrasi, pengeroyokan

6.       Penyebab perilaku menyimpang:
a.        Penyimpangan dalam keluarga
                             i.      Keluarga yang broken home
                            ii.      Pelampiasan kekecewaan/emosi
                          iii.      Keadaan ekonomi
                          iv.      Contoh: KDRT, persilingkuhan, pemerasan
b.       Penyimpangan dalam masyarakat
                             i.      Proses belajar yang menyimpang: salah bergaul dalam sosialisasi
                            ii.      Ketidak sanggupan dalam memahami norma budaya: anak jalanan yang tidak dapat hidup di tengah masyarakat
                          iii.      Ikatan sosial yang berlainan: pertikaian antaretnis
                          iv.      Gagal dalam proses sosialisasi: tidak menerima nilai dan norma masyarakat
                            v.      Contoh: penyalahgunaan narkoba, tawuran, perilaku seks di luar nikah, pembunuhan, pornografi, perjudian

7.       Akibat penyimpangan sosial:
a.        Adanya tindak kejahatan
b.       Penyalahgunaan narkotika
c.        Kenakalan remaja
d.       Kekacauan dalam masyarakat

8.       Upaya untuk mencegah penyimpangan sosial:
a.        Lingkungan keluarga
                             i.      Menamkan nilai dan norma
                            ii.      Menciptakan suasana yg harmonis
                          iii.      Meluangkan waktu untuk berinteraksi
                          iv.      Memberikan tanggung jawab sesuai usia
                            v.      Memberi teguran/sanksi jika bersalah
b.       Lingkungan sekolah
                             i.      Membangun komunikasi yang erat
                            ii.      Membangun sikap trbuka, jujur, saling prcaya
                          iii.      Menyediakan sarana dan prasarana untuk mngembangkan potensi
                          iv.      Manampung keluh kesah peserta didik
                            v.      Memberikan konseling dalam pemecahan masalah
c.        Lingkungan masyarakat
                             i.      Mengembangkan kerukunan dalam bermasyarakat
                            ii.      Membangun sarana dan sarana untuk kegiatan bermasyarakat
                          iii.      Membudayakan perilaku disiplin, jujur, dan bertanggung jawab
                          iv.      Mengadakan sosialisasi dan kegiatan positif untuk masyarakat
                            v.      Mengadakan kegiatan siskamling dan kerja bakti secara rutin

9.       Sebutkan 5 macam penyakit sosial!
-          Kejahatan, penyalahgunaan narkoba, perjudian, mengkonsumsi minuman keras, penyakit HIV/AIDS

10.   Sebutkan dampak penyimpangan sosial bagi:
a.        Diri sendiri: kehilangan masa depan
b.       Keluarga: menanggung malu
c.        Masyarakat: dikucilkan dalam pergaulan

11.   Upaya pengendalian sosial:
a.        Berdasarkan cara
                             i.      Persuasif: ajakan, tanpa kekerasan
                            ii.      Koersif: kekerasan, dengan paksaan
b.       Berdasarkan sifat
                             i.      Preventif: pencegahan dengan sosialisasi atau penyuluhan
                            ii.      Represif: setelah terjadi penyimpangan sosial dengan hukuman atau sanksi

12.    Pengendalian sosial adalah cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggota yang melakukan penyimpangan sosial.

13.   Tujuan pengendalian sosial:
a.        Mencegah terjadinya penyimpangan terhadap nilai-nilai dan norma-norma sosial di masyarakat
b.       Memulihkan keadaan akibat terjadinya penyimpangan sosial di masyarakat

14.   Jenis-jenis pengendalian sosial:
a.        Pengendalian sosial individu dengan individu
b.       Pengendalian sosial individu dengan kelompok
c.        Pengendalian sosial kelompok dengan kelompok
d.       Pengendalian sosial kelompok dengan individu

15.   Pengendalian sosial berdasarkan sifatnya:
a.        Pengendalian preventif: suatu sikap untuk mencegah terjadinya penyimpangan terhadap nilai dan norma sosial yang berlaku
b.       Pengendalian represif: penyimpangan sosial yang dilakukan setelah terjadinya penyimpangan terhadap nilai dan norma sosial yang berlaku
c.        Pengendalian gabungan

16.   Cara atau aspek pelaksanaan pengendalian sosial:
a.        Persuasif: ajakan tanpa kekerasan, misalnya anjuran dan ceramah agama
b.       Koersif: dengan paksaan dan kekerasan, misalnya penertiban PKL oleh satpol PP
c.        Kompulsi: menciptakan situasi yang merubah sikap dan perilaku, misalnya camp perubahan
d.       Pervasi: pengulangan terus-menerus, misalnya mendatangkan BNN untuk memberi penerangan pada siswa akan bahaya narkoba

17.   Bentuk-bentuk pengendalian sosial:
a.        Cemoohan: ejekan pada seseorang agar tidak mengulangi perbuatan yang melanggar norma
b.       Teguran/peringatan:  kritik sosial yang dilakukan secara langsung dan terbuka
c.        Intimidasi: perilaku yang menyebabkan seseorang akan merasakan takut 
d.       Pengucilan/ostrarisme: tindakan pemutusan hubungan sosial
e.       Ajaran agama: mengajarkan hal-hal yang baik kepada para penganutnya
f.         Pendidikan: usaha sadar yang dilakukan untuk mempengaruhi seseorang/kelompok

18.   Lembaga-lembaga yang memegang peranan penting dalam upaya pengendalian sosial:
a.        Kepolisian
b.       Peradilan
c.        Adat istiadat
d.       Lembaga pendidikan

19.   Fungsi pengendalian sosial:
a.         Menciptakan peraturan dalam masyarakat
b.       Mengembangkan rasa/budaya malu
c.        Mengembangkan rasa takut akan kebenaran
d.       Menciptakan sistem hukum
e.       Meyakinkan masyarakat akan kebaikan nilai dan norma

20.    Lanjutkan kerjakan pilihan ganda.




1.       Berikut ini yang termasuk perilaku penyimpangan sosial adalah ....
a.        Menuntut kenaikan upah
b.       Menagih hutang tetangga
c.        Mengikuti kemauan pribadi
d.       Melakukan tindakan perampasan
2.       Upaya yang dilakukan untuk mengatasi peristiwa penjarahan dilakukan dengan cara ....
a.        Pervasi                                                c. represif
b.       Preventiif                           d. persuasif
3.       Lembaga yang berwenang untuk menindaklanjuti peristiwa main hakim sendiri adalah ....
a.        Mahkamah agama             c. pendidikan
b.       Tokoh masyarakat             d. kepolisian
4.       Pembalap liar yang sering berpacu di jalan raya termasuk penyimpangan sosial secara ....
a.        Primer                                 c. sekunder
b.       Tentatif                               d. temporal
5.       Contoh penyimpangan sosial sekunder yaitu ....
a.        Mengemudikan kendaraan dengan kencang
b.       Melakukan aksi penipuan dan pencurian
c.        Mahasiswa melakukan demonstrasi
d.       Mengandalkan nepotisi untuk mencari kerja
6.       Proses pendidikan merupakan proses pengendalian sosial secara ....
a.        Persuasif                             c. koersif
b.       Represif                              d. komplusi
7.       Penggusuran lapak-lapak pedagang kaki lima merupakan bentuk pengendalian sosial ....
a.        Komplusi                             c. persuasif
b.       Koersif                                                d. preventif
8.       Berikut ini yang BUKAN lembaga pengadilan sosial masyarakat adalah ....
a.        Surat keputusan                c. kejaksaan
b.       Kepolisian                           d. pengadilan
9.       Pengendalian sosial bertujuan untuk ....
a.        Menghukum orang yang bersalah
b.       Meningkatkanpengetahuan masyarakat
c.        Mendidik masyarakat yang masih awam
d.       Menciptakan keamanan dan ketertiban
10.    Seorang ibu menasehati anaknya agar tidak terlibat  tawuran pelajar, maka terjadi pengendalian sosial ....
a.        Individu – kelompok         c. individu – individu
b.       Kelompok – kelompok     d. kelompok – individu
11.    Orang yang dapat dikategorikan sebagai pelaku penyimpangan sosial adalah ....
a.        Memenuhi harapan jiwa
b.       Melawan tindakan sewenang-wenang
c.        Melawan perbuatan nakal
d.       Mengabaikan nilai dan norma
12.    Yang BUKAN merupakan dampak penyimpangan sosial bagi masyarakat adalah ....
a.        Meningkatkan angka kriminalitas
b.       Makin tingginya jumalh pemakai narkoba
c.        Meningkatnya pengangguran
d.       Merosotnya nilai dan norma masyarakat
13.    Penyimpangan sosial yang bersifat kelompok sebagai akibat dari pengaruh lingkungan adalah ....
a.        Melawan orang tua
b.       Penyalahgunaan narkoba
c.        Mengambil milik orang lain
d.       Pembunuhan berencana
14.    Akibat buruk yang ditimbulkan dari perkelahian antarpelajar adalah ....
a.        Suasan belajar menjadi terganggu
b.       Kegiatan ekstrakulikuler dibatasi
c.        Meningkatkan pengawasan guru
d.       Kedisiplinan sekolah semakin ketat
15.    Salah satu bentuk penyimpangan sosial yang dapat dikategorikan sebagai tindakan kriminal yaitu ....
a.        Melanggar peraturan sekolah
b.       Mengedarkan obat-obatan terlarang
c.        Laki-laki berpakaian perempuan
d.       Tidak mematuhi nasehat orang tua
16.    Sikap orang tua siswa terhadap anaknya yang berpotensi terhadap pencegahan perilaku penyimpangan sosial adalah ....
a.        Memberikan perhatian dan kasih sayang
b.       Mengendalikan anak agar tidak bermain
c.        Memberikan kebebasan untuk bergaul
d.       Berusaha untuk memenuhi kebutuhannya
17.    Berikut ini yang BUKAN upaya untuk pencegahan penyimpangan sosial dalam masyarakat yaitu ....
a.        Memberi kasih sayang kepada anggota keluarga
b.       Menyediakan tempat rekreasi
c.        Mendirikan sekolah untuk fakir miskin
d.       Mendirikan pusat rehabilitasi
18.    Berikut ini yang termasuk upaya mengantisipasi penyimpangan sosial adalah ....
a.        Sanksi yang tegas, penyuluhan, rehabilitasi
b.       Sikap yang tegas, sanksi yang tegas, dan peraturan yang konsisten
c.        Penanaman nilai dan norma yang kuat, kepribadian yang kuat, dan pelaksanaan perturan yang konsisten
d.       Penanaman nilai dan norma yang kuat, rehabilitasi, dan kepribadian yang kuat
19.    Kelompok sosial masyarakat yang menghakimi sendiri terhdap pelaku perampokan yang tertangkap termasuk bentuk perilaku menyimpang ....
a.        Primer – sekunder           c. primer – individual
b.       Sekunder – individu         d. sekunder - kelompok
20.    Cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggota yang melakukan penyimpangan sosial disebut ....
a.        Penyimpangan sosial        c. pengendalian sosial
b.       Perlindungan sosial          d. pengamanan sosial
21.    Suatu sikap untuk mencegah terjadinya penyimpangan terhadap nilai dan norma sosial yang berlaku disebut ....
a.        represif                               c. Persuasif
b.       preventif                            d. Koersif
22.    Pengendalian sosial yang dilakukan setelah terjadinya penyimpangan terhadap nilai dan norma sosial yang berlaku disebut ....
a.        represif                               c. Persuasif
b.       preventif                            d. Koersif
23.    Ajakan tanpa kekerasan, misalnya anjuran dan ceramah agama merupakan pelaksanaan pengendalian sosial ....
a.        Koersif                                                c. Kompulsi
b.       Persuasif                             d. Pervasi
24.    Paksaan dan kekerasan, misalnya penertiban PKL oleh satpol PP merupakan pelaksanaan pengendalian sosial ....
a.        Koersif                                                c. Kompulsi
b.       Persuasif                             d. Pervasi
25.    Menciptakan situasi yang merubah sikap dan perilaku, misalnya camp perubahan merupakan pelaksanaan pengendalian sosial .... ....
a.        Koersif                                                c. Pervasi
b.       Persuasif                             d. Kompulsi
26.    Pengulangan terus-menerus, misalnya mendatangkan BNN untuk memberi penerangan pada siswa akan bahaya narkoba merupakan pelaksanaan pengendalian sosial .... ....
a.        Koersif                                                c. Pervasi
b.       Persuasif                             d. Kompulsi
27.    Ejekan pada seseorang agar tidak mengulangi perbuatan yang melanggar norma disebut ....
a.        Intimidasi                            c. Teguran
b.       Pengucilan                         d. Cemoohan
28.    Kritik sosial yang dilakukan secara langsung dan terbuka disebut .... ....
a.        Cemoohan                          c. Teguran
b.       Pengucilan                         d. Intimidasi
29.    Tindakan pemutusan hubungan sosial terhadap pelaku penyimpangan sosial disebut ....
a.        Cemoohan                          c. Teguran
b.       Pengucilan                         d. Intimidasi
30.    Perilaku yang menyebabkan seseorang akan merasakan takut disebut ....
a.        Intimidasi                            c. Teguran
b.       Pengucilan                         d. Cemoohan       

31.    ....

No comments:

Post a Comment