Monday, January 25, 2016

8 SMP EKO: KETENAGAKERJAAN


8 P (SEMESTER II UH.1 2016)

EKO: KETENAGAKERJAAN


1.       Mengapa tenaga kerja mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan?
Karena tenaga kerja sebagai pelaku pembangunan.

2.       Mengapa masalah ketenagakerjaan merupakan masalah yang begitu nyata dan dekat dengan lingkungan kita?

Karena masalah ketenagakerjaan dapat menimbulkan masalah-masalah baru di bidang ekonomi maupun non-ekonomi. Misalnya, tingkat pengangguran yang tinggi menyebabkan rendahnya pendapatan yang selanjutnya akan memicu tindakan kriminal.

3.       Angkatan kerja terdiri dari tenaga kerja yang bekerja dan sedang mencari kerja.

4.       Angkatan kerja adalah penduduk laki-laki dan perempuan pada usia produktif (15-65tahun) yang sedang bekerja ataupun fuat cepat sedang mencari pekerjaan.

5.       Syarat-syarat angkatan kerja yaitu penduduk yang selama seminggu sebelum dilakukan sensus penduduk telah mempunyai suatu pekerjaan, baik bekerja maupun sementara tidak bekerja.

6.       Tenaga kerja menurut UU No.13 tahun 2003 adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

7.       Batas usia tenaga kerja di Amerika Serikat adalah minimal 16 tahun, di India minimal 14-60 tahun, dan di Indonesia minimal 15-65 tahun.

8.       Tenaga kerja terdiri atas angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

9.       Angkatan kerja terdiri atas:
a.       golongan yang bekerja
b.      golongan yang menganggur dan mencari kerja.

10.   Kelompok bukan angkatan kerja terdiri dari:
a.       Golongan yang masih sekolah
b.      Orang yang mengurus rumah tangga
c.       Golongan penerima pendapatan (jompo, pensiun)

11.   Kelompok bukan angkatan kerja juga disebut sebagai angkatan kerja potensial, karena golongan tersebut sewaktu-waktu dapat menawarkan jasanya untuk bekerja.

12.   Bekerja adalah kegiatan untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan minimal 1 jam dalam seminggu.

13.   Bekerja menurut jam kerjanya:
a.       Bekerja penuh: lebih dari 35jam/minggu
b.      Setengah menganggur: 14-35jam/minggu
c.       Penganggur kritis: kurang dari 14jam/minggu

14.   Kesempatan kerja adalah jumlah lowongan kerja yang tersedia di fuat cepat dunia kerja untuk angkatan kerja.

15.   UUD 1945 pasal 27 ayat 2 menjelaskan bahwa: tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

16.   Cara untuk memperluas kesempatan kerja:
a.       Kursus mketerampilan
b.      Wajib belajar 12 tahun
c.       Berwirausaha dalam berbagai bidang
d.      Mendirikan berbagai macam usaha

17.   Pengangguran adalah penduduk yang berada pada usia kerja yakni 15-65 tahun yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkan pekerjaan.

18.   Pengangguran menurut sebab terjadinya:
a.       Pengangguran struktural: terjadi karena perubahan dalam struktur perekonomian. Contoh: suatu negara mengembangkan perubahan dari pola agraris menjadi pola industrial, sehingga banyak petani yang menjadi pengangguran.
b.      Pengangguran friksional: terjadi karena kesulitan sementara dalam mempertemukan pencari kerja mdengan lowongan kerja. Contoh: Udin sudah lulus kuliah, untuk msementara ia menganggur karena sedang mencari pekerjaan yang sesuai. Pengangguran friksional terjadi karena:
                             i.      Kondisi geografis
                           ii.      Informasi yang tidak sempurna
                          iii.      Proses perekrutan yang lama
c.       Pengangguran musiman: terjadi karena pergantian musim. Contoh: buruh tani, saat musim tanam memiliki pekerjaan tetapi setalah musim tanam selesai mereka menjadi pengangguran.
d.      Pengagguran teknologi: terjadi karena penggunaan teknologi modern, sehingga mengurangi penggunaan tenga kerja. Contoh: gardu toll otomatis mengurangi petugas di gerbang toll.
e.      Pengguran konjungtur: terjadi karena perubahan kegiatan perekonomian suatu negara sehingga sering mengalami perubahan permintaan. Contoh: saat krisis ekonomi tahun 1998 perekonoman anjlok dan permintaan turun, sehingga terjadi banyak pengangguran.
f.        Pengangguran normal: belum mendapat pekerjaan karena pendidikan dan keterampilan yang kurang memadai. Contoh: Otong tidak taman SMP sehingga ia sulit untuk mmendapatkan pekerjaan.

19.   Pengangguran menurut aktivitas subjeknya:
a.       Pengangguran terselubung: terjadi karena tenaga kerja yang bekerja tidak secara optimal . contoh: suatu pekerjaan cukup dilakukan 3 orang, tetapi dilakukan oleh 5 orang. Sehingga 2 orang tersebut adalah pengangguran tapi tidak kentara.
b.      Pengangguran terbuka: tenga kerja yang benra-benar tidak memiliki pekerjaan. Penyebabnya:
                             i.      Tidak tersedia lapangan kerja
                           ii.      Tidak sesuai dgn latar belakang pendidikan
                          iii.      Tidak berusaha untuk mencari pekerjaan
c.       Pengangguran setengah menganggur: tenaga kerja yang am kerjanya kurang dari 35jam/minggi

20.   Penyebab pengangguran:
a.       Aspek kependudukan: pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan banyak pengangguran dan meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan kesempatan kerja.
b.      Aspek ekonomi: ketidak stabilan kondisi ekonomi, politik, dan keamanan negara menyebabkan terjadi pengangguran.
c.       Aspek pendidikan: pendidikan harus mampu menghasilkan SDM yang berkualitas, karena dunia usaha mencari tenaga kerja yang berpendidikan dan berketerampilan tinggi.

21.   Dampak pengangguran:
a.       Pertumbuhan ekonomi terhambat
b.      Pengahasilan pajak negara (PPh) menurun
c.       Kerawanan sosial
d.      Standar kehidupan yang menurun
e.      Kemunduran mental
f.        Terjadinya tindakan kriminal

22.   Cara mengatasi pengangguran:
a.       Menyelenggarakan pameran bursa kerja
b.      Mendorong peningkatan kualitas pendidikan
c.       Memberikan informasi lowongan kerja
d.      Mendirikan pusat pelatihan keterampilan
e.      Meningkatkan program fuat cepat transmigrasi

23.   Peranan pemerintah dalam upaya penanggulangan masalah tenaga kerja menurut UUD 1945 pasal 27 ayat 2 dan UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yaitu:
a.       Aspek pendidikan: meningkatkan muru tenaga kerja
b.      Aspek hukum: membuat perangkat hukum yang mengatur tentang ketenagakerjaan
c.       Aspek kependudukan: elaksanakan program transmigrasi
d.      Aspek ekonomi: pengeluaran pemerintah untuk pembangunan dan invetasi
e.      Menciptakan program padat karya
f.        Melakukan pembinaan kewirausahaan
g.       Menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP)
h.      Peningkatan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri


24.   Selesai..lanjut ke soal:



8 SMP P UH.1 S II
EKO: KETENAGAKERJAAN


1.       Dampak sosial yang disebabkan pengangguran yaitu ...
a.       Meningkatkan pengeluaran negara
b.      Kriminalitas semakin meningkat
c.       Pendapatan per kapita menurun
d.      Daya beli masyarakat menurun
2.       Penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja atau belum disebut ....
a.       Usia produktif                                c. calon tenaga kerja
b.      Sumber daya manusia                d. angkatan kerja
3.       Para buruh tani sawah banyak yang tidak mempunyai  pekerjaan lagi pada waktu tanaman padinya menghijau karena hanya menunggu masa panen. Keadaan demikian menyatakan bahwa buruh tani tersebut temasuk golongan pengangguran ....
a.       Terselubung                   c. musiman
b.      Siklikal                                              d. friksional
4.       Mutu tenaga kerja dapat ditingkatkan dengan cara-cara di bawah ini, kecuali ....
a.       Menaikkan gaji para pekerja
b.      Memperbanyak sekolah kejuruan
c.       Memperbanyak balai latihan kerja
d.      Memperluas kesempatan kerja
5.       Apabila jumlah penduduk semakin meningkat sedangkan pendapatan nasional tetap, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah ....
a.       Meningkatkan kriminalitas
b.      Menurunkan pendapatan per kapita
c.       Menurunnya pertumbuhan ekonomi
d.      Menurunkan daya beli masyarakat
6.       Usaha pemerintah terkait dengan upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja adalah ....
a.       Mengadakan proyek padat karya
b.      Mengadakan program transmigrasi
c.       Mengadakan program mekanisasi industri
d.      Mengadakan pelatihan tenaga kerja
7.       Yang merupakan usia produktif tenaga kerja adalah ....
a.       15 tahun ke atas            c. 15-65 tahun
b.      15-60 tahun                     d. 60 tahun ke bawah
8.       Yang bukan termasuk angkatan kerja adalah ....
a.       Upin berusia 20 tahun merupakan seorang mahasiswa semester akhir
b.      Udin berusia 22 tahun merupakan seorang anggota kepolisian
c.       Otong berusia 30 tahun merupakan seorang petugas keamanan bank
d.      Obet berusia 25 tahun merupakan seorang guru
9.       Yang bukan merupakan usaha pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran adalah ....
a.       Mengirim tenaga kerja ke luar negeri
b.      Menaikkan pajak penghasilan (PPh)
c.       Membangun pusat pelatihan kerja
d.      Memperbaiki mutu pendidikan
10.   Bukti pemerintah serius dalam mengatasi masalah tenaga kerja adalah ...
a.       Meningkatnya jumlah pengangguran
b.      Meningkatnya kriminalitas
c.       Meningkatnya jumlah siswa putus sekolah
d.      Banyak tnaga kerja yang merupakan lulusan SMK
11.   Hubungan antara tenaga kerja dengan angkatan kerja adalah ....
a.       Angkatan kerja bagian dari bukan angkatan kerja
b.      Angakat kerja bukan bagian dari tenaga kerja
c.       Tenaga kerja bagian dari angkatan kerja
d.      Tenaga kerja bagian terpisah dari angkatan kerja
12.   Upah tenaga ahli lebih tinggi dari tenaga kerja terlatih karena ....
a.       Produktivitas tenaga ahli lebih tinggi
b.      Pekerjaan tenaga ahli lebih sulit
c.       Kebutuhan akan tenaga ahli lebih besar
d.      Tenaga ahli sulit untuk didapatkan
13.   Demonstrasi dan mogok kerja sebenarnya merupakan salah satu akibat dari ....
a.       Tingginya tuntutan pekerjaan
b.      Rendahnya upah tenaga kerja
c.       Tingginya target produksi perusahaan
d.      Rendahnya kemampuan tenaga kerja
14.   Yang termasuk kategori setengah menganggur adalah dengan jam kerja ....
a.       Lebih dari 40 jam/minggu
b.      Kurang dari 40 jam/minggu
c.       Lebih dari 35 jam/minggu
d.      Kurang dari 35 jam/minggu
15.   UUD 1945 yang mengatur tentang ketenagakerjaan adalah ....
a.       Pasal 25 ayat 2                                c. pasal 27 ayat 2
b.      Pasal 28 ayat 1                                d. pasal 33 ayat 1

Jawablah dengan benar di balik kertas ini!
16.   Sebutkan 4 faktor penyebab pengangguran!
17.   Sebutkan 4 dampak pengangguran!
18.   Sebutkan definisi angkatan kerja!
19.   Jelaskan dan beri contoh pengangguran musiman dan struktural!
20.   Sebutkan 4 upaya pemerintah untuk mengatasi pengangguran!
21.   Mengapa terjadi pengangguran? (4 alasan)
22.   Jelaskan 3 aspek penyebab pengangguran!
23.   Selesai. Semoga soalnya banyak yang sama.


No comments:

Post a Comment