8 P (SEMESTER II
UH.1 2016)
EKO: KETENAGAKERJAAN
1. Mengapa tenaga kerja mempunyai peranan yang
sangat penting dalam pembangunan?
Karena tenaga kerja sebagai pelaku pembangunan.
2. Mengapa masalah ketenagakerjaan merupakan
masalah yang begitu nyata dan dekat dengan lingkungan kita?
Karena masalah ketenagakerjaan dapat menimbulkan masalah-masalah baru di
bidang ekonomi maupun non-ekonomi. Misalnya, tingkat pengangguran yang tinggi
menyebabkan rendahnya pendapatan yang selanjutnya akan memicu tindakan
kriminal.
3.
Angkatan kerja
terdiri dari tenaga kerja yang bekerja dan sedang mencari kerja.
4.
Angkatan kerja
adalah penduduk laki-laki dan perempuan pada usia produktif (15-65tahun)
yang sedang bekerja ataupun fuat cepat sedang mencari pekerjaan.
5.
Syarat-syarat
angkatan kerja yaitu penduduk yang selama seminggu sebelum dilakukan sensus
penduduk telah mempunyai suatu pekerjaan, baik bekerja maupun sementara tidak
bekerja.
6.
Tenaga kerja
menurut UU No.13 tahun 2003 adalah setiap orang yang mampu melakukan
pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan
sendiri maupun untuk masyarakat.
7.
Batas usia
tenaga kerja di Amerika Serikat adalah minimal 16 tahun, di India minimal
14-60 tahun, dan di Indonesia minimal 15-65 tahun.
8.
Tenaga kerja
terdiri atas angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.
9. Angkatan kerja terdiri atas:
a.
golongan yang bekerja
b.
golongan yang menganggur dan mencari kerja.
10. Kelompok bukan angkatan kerja terdiri dari:
a.
Golongan yang masih sekolah
b.
Orang yang mengurus rumah tangga
c.
Golongan penerima pendapatan (jompo, pensiun)
11.
Kelompok bukan
angkatan kerja juga disebut sebagai angkatan kerja potensial, karena
golongan tersebut sewaktu-waktu dapat menawarkan jasanya untuk bekerja.
12.
Bekerja adalah
kegiatan untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan minimal 1 jam dalam
seminggu.
13. Bekerja menurut jam kerjanya:
a.
Bekerja penuh:
lebih dari 35jam/minggu
b.
Setengah menganggur:
14-35jam/minggu
c.
Penganggur
kritis: kurang dari 14jam/minggu
14.
Kesempatan
kerja adalah jumlah lowongan kerja yang tersedia di fuat cepat dunia kerja untuk angkatan
kerja.
15.
UUD 1945
pasal 27 ayat 2 menjelaskan bahwa: tiap-tiap warga negara berhak atas
pekerjaan dan penghidupan yang layak.
16.
Cara untuk
memperluas kesempatan kerja:
a.
Kursus mketerampilan
b.
Wajib belajar 12 tahun
c.
Berwirausaha dalam berbagai bidang
d.
Mendirikan berbagai macam usaha
17.
Pengangguran
adalah penduduk yang berada pada usia kerja yakni 15-65 tahun yang sedang
mencari pekerjaan dan belum mendapatkan pekerjaan.
18.
Pengangguran menurut sebab terjadinya:
a.
Pengangguran
struktural: terjadi karena perubahan dalam struktur perekonomian. Contoh: suatu negara mengembangkan
perubahan dari pola agraris menjadi pola industrial, sehingga banyak petani
yang menjadi pengangguran.
b.
Pengangguran
friksional: terjadi karena kesulitan sementara dalam mempertemukan pencari
kerja mdengan lowongan kerja. Contoh:
Udin sudah lulus kuliah, untuk msementara ia menganggur karena sedang mencari
pekerjaan yang sesuai. Pengangguran friksional
terjadi karena:
i.
Kondisi geografis
ii.
Informasi yang tidak sempurna
iii.
Proses perekrutan yang lama
c.
Pengangguran
musiman: terjadi karena pergantian musim. Contoh: buruh tani, saat musim tanam memiliki pekerjaan tetapi
setalah musim tanam selesai mereka menjadi pengangguran.
d.
Pengagguran
teknologi: terjadi karena penggunaan teknologi modern, sehingga mengurangi
penggunaan tenga kerja. Contoh: gardu
toll otomatis mengurangi petugas di gerbang toll.
e.
Pengguran
konjungtur: terjadi karena perubahan kegiatan perekonomian suatu negara
sehingga sering mengalami perubahan permintaan. Contoh: saat krisis ekonomi tahun 1998 perekonoman anjlok dan
permintaan turun, sehingga terjadi banyak pengangguran.
f.
Pengangguran
normal: belum mendapat pekerjaan karena pendidikan dan keterampilan yang
kurang memadai. Contoh: Otong tidak
taman SMP sehingga ia sulit untuk mmendapatkan pekerjaan.
19.
Pengangguran menurut aktivitas subjeknya:
a.
Pengangguran
terselubung: terjadi karena tenaga kerja yang bekerja tidak secara optimal .
contoh: suatu pekerjaan cukup
dilakukan 3 orang, tetapi dilakukan oleh 5 orang. Sehingga 2 orang tersebut adalah
pengangguran tapi tidak kentara.
b.
Pengangguran
terbuka: tenga kerja yang benra-benar tidak memiliki pekerjaan. Penyebabnya:
i.
Tidak tersedia lapangan kerja
ii.
Tidak sesuai dgn latar belakang pendidikan
iii.
Tidak berusaha untuk mencari pekerjaan
c.
Pengangguran
setengah menganggur: tenaga kerja yang am kerjanya kurang dari 35jam/minggi
20. Penyebab pengangguran:
a.
Aspek kependudukan:
pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan banyak pengangguran dan
meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi dengan perluasan
kesempatan kerja.
b.
Aspek ekonomi:
ketidak stabilan kondisi ekonomi, politik, dan keamanan negara menyebabkan
terjadi pengangguran.
c.
Aspek pendidikan:
pendidikan harus mampu menghasilkan SDM yang berkualitas, karena dunia usaha
mencari tenaga kerja yang berpendidikan dan berketerampilan tinggi.
21. Dampak pengangguran:
a.
Pertumbuhan ekonomi terhambat
b.
Pengahasilan pajak negara (PPh) menurun
c.
Kerawanan sosial
d.
Standar kehidupan yang menurun
e.
Kemunduran mental
f.
Terjadinya tindakan kriminal
22. Cara mengatasi pengangguran:
a.
Menyelenggarakan pameran bursa kerja
b.
Mendorong peningkatan kualitas pendidikan
c.
Memberikan informasi lowongan kerja
d.
Mendirikan pusat pelatihan keterampilan
e.
Meningkatkan program fuat cepat transmigrasi
23. Peranan pemerintah dalam upaya
penanggulangan masalah tenaga kerja menurut UUD 1945 pasal 27 ayat 2 dan UU
No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yaitu:
a.
Aspek pendidikan:
meningkatkan muru tenaga kerja
b.
Aspek hukum:
membuat perangkat hukum yang mengatur tentang ketenagakerjaan
c.
Aspek kependudukan:
elaksanakan program transmigrasi
d.
Aspek ekonomi:
pengeluaran pemerintah untuk pembangunan dan invetasi
e.
Menciptakan program padat karya
f.
Melakukan pembinaan kewirausahaan
g.
Menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP)
h.
Peningkatan pengiriman tenaga kerja ke luar
negeri
24. Selesai..lanjut ke soal:
8 SMP P UH.1 S II
EKO: KETENAGAKERJAAN
1.
Dampak sosial yang disebabkan pengangguran yaitu
...
a.
Meningkatkan pengeluaran negara
b.
Kriminalitas semakin meningkat
c.
Pendapatan per kapita menurun
d.
Daya beli masyarakat menurun
2.
Penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik
yang sudah bekerja atau belum disebut ....
a.
Usia produktif c.
calon tenaga kerja
b.
Sumber daya manusia d. angkatan kerja
3.
Para buruh tani sawah banyak yang tidak
mempunyai pekerjaan lagi pada waktu
tanaman padinya menghijau karena hanya menunggu masa panen. Keadaan demikian
menyatakan bahwa buruh tani tersebut temasuk golongan pengangguran ....
a.
Terselubung c.
musiman
b.
Siklikal d.
friksional
4.
Mutu tenaga kerja dapat ditingkatkan dengan
cara-cara di bawah ini, kecuali ....
a.
Menaikkan gaji para pekerja
b.
Memperbanyak sekolah kejuruan
c.
Memperbanyak balai latihan kerja
d.
Memperluas kesempatan kerja
5.
Apabila jumlah penduduk semakin meningkat
sedangkan pendapatan nasional tetap, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah
....
a.
Meningkatkan kriminalitas
b.
Menurunkan pendapatan per kapita
c.
Menurunnya pertumbuhan ekonomi
d.
Menurunkan daya beli masyarakat
6.
Usaha pemerintah terkait dengan upaya
meningkatkan kualitas tenaga kerja adalah ....
a.
Mengadakan proyek padat karya
b.
Mengadakan program transmigrasi
c.
Mengadakan program mekanisasi industri
d.
Mengadakan pelatihan tenaga kerja
7.
Yang merupakan usia produktif tenaga kerja
adalah ....
a.
15 tahun ke atas c.
15-65 tahun
b.
15-60 tahun d.
60 tahun ke bawah
8.
Yang bukan termasuk angkatan kerja adalah ....
a.
Upin berusia 20 tahun merupakan seorang
mahasiswa semester akhir
b.
Udin berusia 22 tahun merupakan seorang anggota
kepolisian
c.
Otong berusia 30 tahun merupakan seorang petugas
keamanan bank
d.
Obet berusia 25 tahun merupakan seorang guru
9.
Yang bukan merupakan usaha pemerintah dalam
mengatasi masalah pengangguran adalah ....
a.
Mengirim tenaga kerja ke luar negeri
b.
Menaikkan pajak penghasilan (PPh)
c.
Membangun pusat pelatihan kerja
d.
Memperbaiki mutu pendidikan
10.
Bukti pemerintah serius dalam mengatasi masalah
tenaga kerja adalah ...
a.
Meningkatnya jumlah pengangguran
b.
Meningkatnya kriminalitas
c.
Meningkatnya jumlah siswa putus sekolah
d.
Banyak tnaga kerja yang merupakan lulusan SMK
11.
Hubungan antara tenaga kerja dengan angkatan
kerja adalah ....
a.
Angkatan kerja bagian dari bukan angkatan kerja
b.
Angakat kerja bukan bagian dari tenaga kerja
c.
Tenaga kerja bagian dari angkatan kerja
d.
Tenaga kerja bagian terpisah dari angkatan kerja
12.
Upah tenaga ahli lebih tinggi dari tenaga kerja
terlatih karena ....
a.
Produktivitas tenaga ahli lebih tinggi
b.
Pekerjaan tenaga ahli lebih sulit
c.
Kebutuhan akan tenaga ahli lebih besar
d.
Tenaga ahli sulit untuk didapatkan
13.
Demonstrasi dan mogok kerja sebenarnya merupakan
salah satu akibat dari ....
a.
Tingginya tuntutan pekerjaan
b.
Rendahnya upah tenaga kerja
c.
Tingginya target produksi perusahaan
d.
Rendahnya kemampuan tenaga kerja
14.
Yang termasuk kategori setengah menganggur
adalah dengan jam kerja ....
a.
Lebih dari 40 jam/minggu
b.
Kurang dari 40 jam/minggu
c.
Lebih dari 35 jam/minggu
d.
Kurang dari 35 jam/minggu
15.
UUD 1945 yang mengatur tentang ketenagakerjaan
adalah ....
a.
Pasal 25 ayat 2 c.
pasal 27 ayat 2
b.
Pasal 28 ayat 1 d.
pasal 33 ayat 1
Jawablah dengan benar
di balik kertas ini!
16.
Sebutkan 4 faktor penyebab pengangguran!
17.
Sebutkan 4 dampak pengangguran!
18.
Sebutkan definisi angkatan kerja!
19.
Jelaskan dan beri contoh pengangguran musiman
dan struktural!
20.
Sebutkan 4 upaya pemerintah untuk mengatasi
pengangguran!
21.
Mengapa terjadi pengangguran? (4 alasan)
22.
Jelaskan 3 aspek penyebab pengangguran!
23.
Selesai. Semoga soalnya banyak yang sama.
No comments:
Post a Comment