Tuesday, November 3, 2015

7 SMP EKONOMI : MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN MAKHLUK EKONOMI YANG BERMORAL

7 EKONOMI

BAB 4 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN MAKHLUK EKONOMI YANG BERMORAL

1.      Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang berfungsi untuk melengkapi atau memperbaiki kelangsungan hidup sesama manusia.

2.      Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi  krn manusia membutuhkan kehadiran dan berhubungan dengan untuk fuat cepat memenuhi kebutuhannya yang secara ekonomi dapat saling menguntungkan.

3.      Jenis-jenis kebutuhan sosial:
a.      Kegiatan bersama: manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral senantiasa membutuhkan kegiatan bersama untuk membangun komunikasi timbal-balik  yang baik, demokratis, dan secara ekonomi saling menguntungkan.
b.      Keteraturan sosial dan kontrol sosial: manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral senantiasa membutuhkan keteraturan sosial dan kontrol sosial untuk mengatur aktivitas manusia dalam bermasyarakat.
c.       Kebutuhan pendidikan: manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral membutuhkan pendidikan untuk membentuk manusia sebagai makhluk pemikir dan makhluk sosial yg bermoral.

4.      Moral adalah aturan-aturan dalam berperilaku tentang sesuatu yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh manusia.

5.      Makhluk ekonomi (homo economicus) adalah perilaku manusia yang berusaha untuk mendapatkan barang ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya.

6.      Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos = rumah tangga dan nomos = aturan.

7.      Pengertian ekonomi secara sempit atau secara harfiah adalah peraturan rumah tangga.

8.      Pengertian ekonomi secara luas adalah semua kegiatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan memanfaatkan fuat cepat sumber daya yang terbatas.

9.      Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas untuk mencapai kemakmuran.

10.  Manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral adalah upaya manusia dalam usahanya mendapatkan alat pemuas kebutuhan dengan usaha mengendalikan diri sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

11.  Ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral:
a.      Menjunjung tinggi nilai luhur beragama
b.      Menjunjung tinggi norma-norma sosial
c.       Menggunakan ilmu ekonomi secara wajar
d.      Memperhatikan kelestarian lingkungan
e.      Selektif dan mengeksploitasi sumber daya alam
f.        Tidak merugikan orang lain
g.      Hemat dan tidak pamer kekayaan

12.   Sumber daya adalah segala bentuk unsur lingkungan hidup yang secara ekonomis dapat dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia.

13.  Jenis sumber daya menurut UU No. 4 Tahun 1982:
a.      Sumber daya manusia
b.      Sumber daya alam hayati
c.       Sumber daya alam nonhayati
d.      Sumber daya buatan
e.      Sumber daya modal

14.  Sumber daya manusia adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan dari potensi yang dimilki manusia meliputi kemampuan fisik, kemampuan berfikir, kemampuan memimpi, kemampuan mengelola sumber daya, dan melestarikan sumber daya alam.

15.  Pengelompokan sumber daya manusia:
a.      Sumber daya tenaga kerja menurut sifat dan kualitas
b.      Sumber daya mental berupa keahlian dan kepemimpinan

16.  Tenaga kerja produktif adalah golongan usia dewasa yang berusia 15 – 64 tahun yang termasuk sebagai alat pemuas kebutuhan dengan pengorbanan dalam bentuk upah tenaga.

17.  Tenga kerja menurut sifatnya:
a.      Tenaga kerja jasmani: tenaga kerja yang lebih mengandalkan fisik dalam melaksanakan kegiatan produksi, misalnya buruh bangunan.
b.      Tenga kerja rohani: tenaga kerja yang lebih mengandalkan kemampuan berfikir atau ide-ide dalam melaksanakan kegiagatan produksi, misalnya direktur, guru, dosen, dan peneliti.

18.  Tenaga kerja menurut kualitasnya:
a.      Tenaga kerja terdidik: tenaga kerja yang mmiliki jenjang pendidikan yang tinggi dengan proses waktu yg cukup lama, misalnya dokter, dosen
b.      Tenaga kerja terlatih: tenaga kerja yang memerlukan latihan dan pengalaman praktik atau keterampilan sebelumnya, misalnya montir, penjahit, teknisi, perawat. satpam
c.       Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih: tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan dan latihan sebelumnya, misalnya kuli bangunan.

19.  Sumber daya mental dibedakan menjadi:
a.      Keahlian: kemampuan yang dimiliki seseorang dalam bidang tertentu yang secara spesifik dapat menghasilkan barang atau jasa secara maksimal.
b.      Kepemimpinan: proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan.

20.  Sumber daya alam hayati adalah sumber daya yang bersifat hidup dan dapat diperbaharui, misalanya flora, fauna, dan ekosistem.

21.  Jenis sumber daya alam hayati:
a.      Flora: salah satu kehidupan dari berbagai macam tumbuhan-tumbuhan yang dapat digunakan sebagai sumber daya, misalnya hutan.
b.      Fauna: berbagai macam hewan yang dapat digunakan sebagai sumber daya, misalnya sebagai sumber protein hewani.
c.       Ekosistem: tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara fuat cepat segenap lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Dua jenis ekosistem:
                            i.      Ekosistem alami: ekosistem yang dalam prses pembentukannya tidak terdapat campur tangan manusia, misalnya laut, sungai, danau
                          ii.      Ekosistem sekunder: ekosistem yang dalam proses terbentuknya terdapat campur tangan manusia, mislanya tambak, sawah, waduk,

22.  Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya yang bersifat terbatas dan dapat habis jika dipakai terus menerus.

23.  Jenis sumber daya alam nonhayati:
a.      Sumber daya air: sumber daya yang sangat potensial bagi makhluk hidup.
b.      Sumber daya tanah: sebagai sumber perekonomian seperti kegiatan pertanian.
c.       Sumber daya mineral: barang tambang yang terdiri atas molekul-molekul yang dalam jumlah tertentu diperlukan tubuh untuk proses metabolisme normal.
Mineral sbg unsur murni dibedakan menjadi:
                                 i.      Mineral logam: emas, perak, besi
                               ii.      Mineral bkn logam: belerang, intan, grafit
                             iii.      Mineral setengah logam: bismut
d.      Sumber daya bahan tambang: semua kekayaan alam yang terdapat di dalam dan di permukaan bumi yang bernilai ekonomis tinggi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Bahan tambang mnurut UU No. 11 Tahun 1967:
                                 i.      Golongan A (strategis): sumber energi, misalnya minyak bumi, gas alam, batu bara
                               ii.      Golongan B (vital): bahan logam, misalnya besi, mangan, bauksit, tembaga, timbal
                             iii.      Golongan C (industri): bahan industri, misalnya batu-batuan, belerang, mika

24.  Sumber daya buatan adalah hasil pengembangan sumber daya hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

25.  Jenis sumber daya buatan:
a.      Sumber daya buatan dalam bentuk hayati: rekayasa genetika untuk sumber daya hayati, misalnya bibit unggul, hibrida, okulasi
b.      Sumber daya buatan dalam bentuk nonhayati: hasil rekayasa teknologi untuk memenuh kebutuhan dan ksesejahteraan rakyat, misalnya irigasi, pembangkit listrik, bendungan

26.  Sumber daya modal adalah sumber daya yang dapat digunakan manusia sebagai saran dan prasarana dalam proses produksi lanjutan, misalnya uang, mesin

27.  Tahapan pemanfaatan sumber daya:
a.      Masa manusia ditentukan oleh alam
-  Memenuhi kebutuhan dengan cara sederhana
-  Aktivitas manusia berburu dan meramu
-  Hidup berpindah-pindah (nomaden)
-  Kegiatan ekonomi subsistem, yatu untuk memenuhi kebutuhan sendiri
b.      Masa manusia memanfaatkan alam
-  Memanfaatkan peluang yang fuat cepat disediakan alam
-  Dapat mengatasi rintangan secara terbatas
-  Aktivitas pertanian, nelayan, pengembalaan secara sederhana
c.       Masa mendominasi alam
-  Perkembangan industri dan teknologi modern
-  Aktivitas produksi dengan alat-alat modern
-  Aktiitas didominasi industri, eksploitasi sumber daya, pertanian intensif
-  Menimbulkan perubahan lingkungan yang merugikan manusia dan lingkungan hidup
d.      Masa penyatuan alam dan manusia
-  Kesadaran pentingnya kelestarian lingkungan
-  Memanfaatkan lingkungan secara selektif
-  Brusaha mngurangi akibat dari kerusakan alam
-  Reboisasi: usaha penanaman kembali hutan yang telah ditebang atau dibakar
-  Menetapkan tanggal 15 Juli sebagai hari lingkungan hidup


28.  Sumber: Tim Abdi Guru. 2007. IPS Terpadu 1A untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga. Hlmn. 143 – 163 


fuat cepat

No comments:

Post a Comment