Thursday, October 8, 2015

OBJEK STUDI GEOGRAFI



1.       Objek Material
Objek material geografi adalah seluruh keadaan bumi beserta isinya yang sering disebut sebagai fenomena geosfer. Geosfer adalah lapisan permukaan bumi,baik yang berada di permukaan bumi, di atas permukaan bumi, maupun di bawah permukaan bumi yabg berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Fenomena geosfer meliputi atmosfer (lapisan udara), litosfer (lapisan batuan), hidrosfer (bentang perairan), biosfer (dunia tumbuhan dan hewan), dan antroposfer (aktivitas manusia). Objek material geografi dapat berupa komponen biotik, abiotik, dan sosial.

2.       Objek Formal
Objek formal geografi adalah suatu cara pandang atau cara berfikir terhadap gejala keruangan (spatial) yang ada di permukaan bumi yang dituangkan dalam konsep geografi, pendekatan geografi, dan prinsip geografi. Berdasarkan cara pandang objek formal geografi, muncullah enam pertanyaan pokok sebagai ciri khas geografi yang dikenal dengan istilah 5W+1H, yaitu:
1)      What? Apa? Apa yang terjadi? Kebakaran Hutan
2)      Where? Dimana? Dimana lokasinya? Jambi
3)      When? Kapan? Kapan terjadinya? Bulan September – Oktober 2015
4)      Why? Mengapa? Mengapa bisa terjadi? Karena pembukaan lahan oleh perusahaan kelapa sawit
5)      Who? Siapa? Siapa yang menjadi korban? Korbannya seluruh warga Jambi dan sekitarnya

6)      How? Bagaimana?  Bagaimana cara mengatasinya? Menghukum pelaku pembakaran hutan, menyediakan masker dan pemadaman api melalui udara.



No comments:

Post a Comment