Thursday, October 8, 2015

ASPEK ILMU GEOGRAFI


Aspek-aspek dalam ilmu geografi akan memberikan pandangan cakupan apa saja yang termasuk dalam kajian geografi. Aspek geografi dibedakan menjadi dua, yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Cakupan kajian tersebut yang nantinya akan tertuju pada pembagian cabang-cabang geografi. Kedua aspek dalam geografi ini menjadi dasar pembagian ilmu geografi menjadi dua cabang utama yaitu geografi fisik dan geografi manusia.

Geografi fisik mempelajari lanskap atau bentang alam fisik Bumi, misalnya gunung, dataran rendah, sungai, dan pesisir. Geografi fisik menjelaskan penyebaran kenampakan alam yang bervariasi serta mencari jawaban tentang pembentukan dan perubahannya dari kenampakan masa lalu. Sedangkan geografi manusia mempelajari lanskap atau bentang lahan manusia (budaya), misalnya komponen-komponen buatan manusia seperti jalan, saluran air, permukiman, pusat kegiatan, dan bangunan. Geografi manusia mencoba mendeskripsikan dan menjelaskan pola-pola kenampakan manusia dan kegiatannya serta meneliti hubungan antara manusia dan lingkungannya.

1. Aspek Fisik
Aspek fisik geografi adalah aspek yang mengkaji segala fenomena geosfer yang dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati.
1)      Aspek Topologi 
Membahas keadaan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka bumi (morfologi), luas area dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri-ciri khas tertentu.
2)      Aspek Biotik 
Membahas hal-hal yang berkaitan dengan makhluk hidup seperti unsur vegetasi (tetumbuhan atau flora), dunia binatang (fauna) dan kajian tentang penduduk.
3)      Aspek Non Biotik 
Membahas hal-hal yang berkaitan dengan unsur lingkungan seperti kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun laut dan kondisi iklim dari suatu wilayah.

2. Aspek Sosial
Aspek sosial geografi adalah aspek yang mengkaji aktivitas manusia dan keterkaitannya dengan fenomena yang terjadi di geosfer. Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan aspek kebudayaan. Pada aspek ini manusia dipandang sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya.
1)      Aspek Antropologis
Membahas hal-hal yang berkaitan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
2)      Aspek Politis
Membahas hal-hal yang berkaitan dengan unsur kepemerintahan dan kepemimpinan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
3)      Aspek Ekonomis
Membahas hal-hal yang berkaitan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.
4)      Aspek Kebudayaan
Membahas hal-hal yang berkaitan dengan unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.


Sumber: http://www.zonasiswa.com/2014/06/aspek-aspek-geografi-fisik-sosial.html




No comments:

Post a Comment