Tuesday, May 26, 2015

SIAP UAS IPS SEMESTER GENAP KELAS 8 SMP



SIAP UAS IPS SEMESTER 2 TAHUN 2014-2015 (v.2)
8 SMP TARA*ANITA

1.       Jelaskan 3 dampak pengangguran!
-          Kerawanan sosial dan moral: penggangguran yang frustasi karena tidak mendapatkan penghasilan akan melakukan hal apa saja untuk mendapatkan uang meskipun melanggar nilai sosial dan moral seperti mencuri.
-          Membebani orang lain dan negara: penganggur dapat membebani orang lain dan juga negara karena penganggur harus tetap memenuhi kebutuhannya dengan cara meminta kepada keluarga dan negara agar dapat memenuhi kebutuhannya.
-          Mengurangi pendapatan negara dari sektor pajak: penganggur yang tidak memiliki penghasilan tidak akan membayar pph sehingga penghasilan negara dari pph akan berkurang.

2.       Jelaskan 2 alasan penyebab orang menganggur!
-          Kemiskinan: akibat lingkaran kemiskinan penduduk tidak dapat mengenyam pendidikan formal dan pelatihan sehingga kualitas SDM rendah menyebabkan sulit untuk mendapatkan pekerjaan.
-          Keadaan masyarakat: kondisi masyarakat yang buruk dan penuh dengan konflik akan menyebabkan investor enggan untuk mendirikan perusahaan sehingga lapangan pekerjaan terbatas.

3.       Jelaskan 3 peran pemerintah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan!
-          Mengesahkan UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 yang mengatur mengenai hak dan kewajiban perusahaan untuk melindungi dan menciptakan kesejahteraan pekerja.
-          Meningkatkan kualitas tenaga kerja: pemerintah mendirikan balai latihan kerja supaya kualitas dan pengalaman tenaga kerja akan meningkat sehingga mudah untuk mendapatkan pekerjaan.
-          Mendorong masyarakat untuk berwirausaha: pemerintah mengadakan sosialisasi dan pelatihan supaya masyarakat tidak bergantung pada lapangan pekerjaan tetapi dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

4.       Sebutkan 4 upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja!
-          Mengadakan program padat karya
-          Memberikan jamanin kesejahteraan
-          Membuat balai latihan kerja
-          Memperbaiki sistem pendidikan

5.       Apakah semua penduduk dapat disebut tenaga kerja? Jelaskan!
Tidak, karena tenaga kerja adalah kelompok usia antara 15-64 tahun yang telah memiliki pekerjaan. Usia di bawah 15 tahun adalah usia pelajar sedangkan usia di atas 64 tahun merupakan pensiunan.

6.       Siapa sajakah yang digolongkan sebagai tenaga kerja?
-          Penduduk berusia 15 – 64 tahun
-          Memiliki penghasilan
-          Jam kerja lebih dari 1jam/hari

7.       Berikan contoh pengangguran menurut penyebabnya!
-          Pengguran siklus (keadaan ekonomi): Otong menjadi pengguran setelah diPHK masal dari perusahaannya  karena krisis ekonomi.
-          Pengangguran musiman: Udin menjadi pengang-guran karena musim tanam padi sudah lewat karena ia bekerja sebagai buruh tanam padi.
-          Pengangguran  friksional (mencari kerja): Combro untuk sementara menjadi pengangguran karena sedang mencari pekerjaan yang lebih baik daripada pekerjaan sebelumnya.
-          Pengangguran struktural (struktur ekonomi): Jono yang seorang buruh tani menjadi pengang-guran karena perubahan struktur ekonomi dari negara agraris menjadi negara industri.
-          Pengangguran teknologi: Bunga seorang kasir menjadi pengangguran karena tenaganya telah digantikan oleh mesin kasir elektronik.
-          Pengangguran sukarela: H. Muhidin seorang juragan kontrakan menjadi pengangguran meskipun ada lowongan pekerjaan karena ia sudah serba berkecukupan.

8.       Jelaskan hubungan mengapa semakin banyak pengangguran maka pembangunan tidak bisa berjalan dengan baik!
Dampak pengangguran bagi negara yaitu mengurangi pendapatan negara dari sektor pajak dan juga membebani pengeluaran negara. pengangguran yang tidak bekerja tidak membayar pph yang dapat digunakan untuk pembangunan. Pengangguran yang membebani negara menyebabkan pengeluaran negara akan bertambah untuk membuat program yang membantu pengangguran dan keluargannya, sehingga dana untuk pembangunan akan terhambat dan tidak berjalan dengan baik.

9.       Permintaan
-          Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang akan dibeli pada beragai tingkat harga, waktu, dan tempat.
-          Hukum permintaan: Pada keadaan tertentu, permintaan jumlah barang/jasa akan bertambah apabila terjadi penurunan harga dan sebaliknya, permintaan jumlah barang/jasa akan turun apabila terjadi kenaikan harga.
-          Kurva permintaan menggambarkan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang bersedia dibeli konsumen pada tingkat harga tertentu.
-          Kurva permintaan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah

10.    Faktor yang mempengaruhi permintaan
-          Selera konsumen
-          Pendapatan konsumen
-          Harga barang/jasa pengganti
-          Harga barang/jasa pelengkap
-          Perkiraan harga barang/jasa di masa mendatang

11.    Jenis permintaan menurut daya beli kosumen
-          Permintaan efektif: permintaan yang didukung oleh daya beli (kemampuan membayar) konsumen. Contohnya Bu Ani ingin membeli gula pasir karena ia memang memiliki uang untuk membelinya.
-          Permintaan potensial: permintaan yang didukung oleh daya beli yang sesuai namun konsumen belum melakukan pembelian. Contohnya Pak Singgih mempunyai uang untuk membeli mobil, namun belum memutuskan kapan ia akan membeli mobil.
-          Permintaan absolut: permintaan yang tidak didukung oleh daya beli konsumen yang sesuai. Contohnya Pak Rudi tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli bis tingkat.

12.    Penawaran
-         
Penawaran adalah kesediaan produsen atau penjual untuk menawarkan atau menjual berbagai jumlah barang/jasa pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat.
-          Kukum penawaran: Pada keadaan tertentu, penawaran jumlah barang atau jasa akan bertambah apabila terjadi peningkatan harga dan sebaliknya, penawaran jumlah barang atau jasa akan menurun apabila terjadi penurunan harga.
-          Kurva penawaran merupakan tempat kedudukan titik-titik yang menunjukkan hubungan antara berbagai jumlah barang/jasa yang bersediia dijual/ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkatan harga.
-          Kurva penawaran bergerak dari dari kiri bawah ke kanan atas.

13.    Faktor yang mempengaruhi penawaran
-          Biaya produksi
-          Teknologi
-          Pajak atau subsidi
-          Perkiraan harga barang/jasa di masa mendatang
-          Jumlah produsen

14.    Harga pasar adalah harga kesepakatan antara pembeli dan penjual pada tingkat harga tertentu, dimana jumlah permintaan dan penawaran barang/jasa seimbang atau sama.

15.    Perbedaan surplus dengan shortage
-          Surplus: suatu keadaan dimana terjadi kelebihan penawaran.  Jika D atau S surplus (+) kurva akan bergerak ke kanan.
-          Shortage: suatu keadaan dimana terjadi kelebihan permintaan. Jika D atas U shortage (-) kurva akan bergerak ke kiri.

16.    Contoh permintaan, penawaran, dan harga pasar
Harga Sepatu (Rp.)
Permintaan (D)
Penawaran (S)
(P)
(Q)
150.000
80
30
160.000
60
40
170.000
50
50
180.000
45
60
190.000
40
80
Harga keseimbangan yang terbentuk adalah Rp. 170.000,- karena jumlah sepatu yang akan dibeli oleh konsumen seimbang/sama dengan jumlah sepatu yang akan dijual oleh produsen yaitu sejumlah 50 pasang sepatu.
 
-          Surplus adalah suatu keadaan dimana terjadi kelebihan penawaran. Misalnya dengan tingkatan harga Rp. 190.000,- dari 80 sepatu yang ditawarkan hanya terjual 40 pasang sepatu. Artinya terdapat kelebihan penawaran sebanyak 40 pasang sepatu.
-          Shortage adalah suatu keadaan dimana terjadi kelebihan permintaan. Misalnya dengan tingkatan harga Rp. 150.000,- dari kebutuhan pembeli 80 sepatu, produsen hanya mampu menjual 30 pasang sepatu. Artinya terdapat kekurangan pasokan sepatu sebanyak 50 pasang.

17.    Tujuan sidang BPUPKI
-        Sidang pertama : tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas dasar negara
-        Sidang kedua: tanggal 10 – 16 Juni 1945 membahas Rancangan UUD
-        Sidang Panitia Sembilan : tanggal 22 Juni 1945 membuat rancangan dokumen Piagam Jakarta

18.    Janji Terauchi pada Soekarno, Hatta, dan dr. Radjiman di Dallat, Vietnam pada 12 Agustus 1945
"Kapan pun bangsa Indonesia siap, kemerdekaan boleh dinyatakan." Itulah yang diucapkan Jenderal Terauchi pada pertemuan tersebut. Meskipun demikian, Jepang menginginkan kemerdekaan Indonesia pada 24 Agustus.

19.    Mengapa Soekarno-Hatta diasingkan ke Rengasdengklok
-        Perbedaan pendapat golongan muda dengan golongan tua
-        Mempercepat proklamasi kemerdekaan
-        Melindunginya dari pengaruh Jepang

20.    Sisi positif Peristiwa Rengasdengklok
-        Perbedaan pendapat dapat diselesaikan
-        Kemerdekaan dapat dipercepat
-        Mempererat persatuan antargolongan

21.    Hal pokok pidato Ir. Soekarno dalam rapat raksasa di Lapangan IKADA
-        Meminta dukungan dan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah Republik Indonesia.
-        Mengajak rakyat Indonesia untuk mematuhi kebijakan-kebijakan pemerintah dgn disiplin.
-        Memerintahkan rakyat untuk mmbubarkan diri menuju rumah masing-masing dgn tenang.

22.    Makna pelaksanaan rapat raksasa di Lapangan IKADA
-        Mempertemukan pemerintah Republik Indonesia dengn rakyatnya.
-        Perwujudan bentuk kewibawaan pemerintah Republik Indonesia di hadapan rakyatnya.
-        Berhasil menggugah kepercayaan rakyat akan kekuatan bangsa Indonesia sendiri.

23.    Perubahan teks Proklamsi otentik yang diketik oleh Sayuti Melik
Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.


Djakarta, 17 – 8 – ’05

Wakil2 Bangsa Indonesia.

Perubahan teks proklamasi:
-          Judul “Proklamasi” menjadi “ P R O K L A M A S I “
-          Kata “hal²” menjadi “hal-hal”
-          Kata “tempoh” menjadi “tempo”
-          Tulisan “wakil rakyat” menjadi “ atas nama bangsa Indonesia”
-          Tulisan “Djakarta 17-8-‘05” menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahun 05”
-          Ditambahkan tanda tangan Sekarno - Hatta

24.    Makna sejarah dari peristiwa proklamasi kemerdekaan
-          Cita-cita bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan dan membentuk negara telah tercapai.
-          Bangsa Indonesia telah bebas dari penjajahan.
-          Bangsa Indonesia mulai dikenal  dunia internasional dan mulai ikut serta dalam perpolitikan dunia.

25.    Dampak penjajahan Jepang di Indonesia
-          Bidang sosial
o   Kerja paksa romusha
o   Kesengsaraan rakyat
-          Bidang ekonomi
o   Jepang mengawasi dan memonopoli penjualan hasil perkebunan
o   Eksploitasi sumber daya alam
-          Bidang politik
o   Pembentukan badan semi militer: Seinendan (Barisan Pemuda), Fujinkai (Barisan Wanita), Keibondan (Pembantu Polisi), dan Syuisintai (Barisan Pelopor)
o   Pembentukan badan militer: Heiho (Pembantu Prajurit Jepang) dan PETA (Pembela Tanah Air).

26.    Perbedaan pajak dengan retribusi
-          Pajak : balas jasa tidak langsung.
-          Retribusi : balas jasa langsung.

27.    Unsur pajak
-          Subjek pajak: orang atau badan usaha yang memiliki kewajiban membayar pajak menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
-          Objek pajak: hal-hal yang dikenakan pajak, misalnya pendapatan, tanah, bangunan, dsb.
-          Tarif pajak: besar kecilnya jumlah pajak yang harus dibayarkan subjek pajak terhadap objek pajak berdasarkan ketentuan.

28.    Tarif pajak
-          Pajak proporsional: persentase tarifnya tetap atau sama terhadap berapapun penghasilan dan objek pajaknya.
-          Pajak progresif: persentase tarifnya semakin besar apabila objek pajaknya semakin besar.
-          Pajak degresif: persentase tarifnya semakin kecil apabila penghasilnya semakin besar atau meningkat.

31.    Jelaskan contoh fungsi manifes dan fungsi laten pranata pendidikan!
1)       Fungsi manifes (nyata): membantu seseorang agar mampu mencari nafkah secara mandiri dan mengembangkan potensinya dalam memenuhi kebutuhannya.
2)       Fungsi laten (tersembunyi): pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berkualitas rendah akan menghasilkan lulusan yang tidak siap kerja.

29.    Fungsi manifes dan fungsi laten pranata agama!
Fungsi manifes
1)       Doktrin: ajaran yang berisi pola keyakinan serta memuat dalil-dalil untuk mengatur hubungan antarmanusia, lingkungan, dan Sang Pencipta.
2)       Ritual: aturan-aturan ibadah tertentu menurut  tata cara agama.
3)       Perilaku: tindakan, perbuatan, dan sikap manusia dalam melaksanakan suatu kegiatan masyarakat.
Fungsi laten
Pendidikan agama yang sebagian kegiatannya tanpa disadari dapat berkembang menjadi pendorong munculnya kegiatan lain karena sifatnya tersembunyi.

30.    Jelaskan 4 sistem ekonomi yang ada di dunia!
1)       Kapitalisme: adanya hak swasta atas alat-alat produksi yang digunakan untuk memperoleh keuntungan.
2)       Sosialisme: adanya kepemilikan dan pengawasan pemerintah terhadap beberapa industri dan program kesejahteraan rakyat.
3)       Komunisme: berlandaskan cita-cita masyarakat bersama dan meruapakan sistem ekonomi yang lebih kompleks.
4)       Campuran: mekanisme harga dan pasar bebas yang hidup berdampingan dengan perencanaan pusat, daerah, dan lokal.

31.    Sebutkan 4 ciri sistem ekonomi:
a.        Sistem ekonomi pasar murni (kapital/liberal)
1)       Kebebasan memiliki alat produksi
2)       Kebebasan memilih jenis pekerjaan
3)       Bebas menentukan barang yg diproduksi
4)       Pembatasan campur tangan pemerintah
b.       Sistem ekonomi terpusat (Komando)
1)       Semua sember daya dikuasi negara
2)       Tidak terdapat sektor swasta
3)       Produksi ditentukan pemerintah
4)       Harga dan distribusi ditentukan negara
c.        Sistem ekonomi campuran
1)       Sektor ekonomi strategis dikuasai negara
2)       Produksi ditentukan mekanisme pasar
3)       Jaminan sosial ditanggung pemerintah
4)       Peranan perorangan, swasta, dan pemerintah dalam perekonomian

32.    Sebutkan fungsi dari keluarga!
-          Fungsi biologis: perkawinan
-          Fungsi afeksi/perasaan: kasih sayang
-          Fungsi sosialisasi: mengajarkan norma-norma
-          Fungsi pendidikan: menyekolahkan
-          Fungsi ekonomi: memenuhi kebutuhan

33.    Jenis dan fungsi pranata sosial:
-          Pranata somatik: memenuhi kebutuhan jasmani seperti kecantikan, kebugaran, dan kesehatan.
-          Pranata ekonomi: mmenuhii kebutuhan manusia
-          Pranata politik: melindungi, melayani, dan mengatur masyarakat.
-          Pranata agama: mengatur hubungan antarmanusia, lingkungan, dan sang pencipta.
-          Pranata sosial: menciptakan keteraturan dalam masyarakat.


PILIHAN GANDA

1.       Salah satu prinsip pemungutan pajak ialah tidak mengganggu perekonomian secara umu. Prinsip tersebut adalah prinsip ....
a. ekonomis                              c. keadilan
b. kepastian                              d. sederhana
2.       Perhatikan pernyataan berikut ini:
1) Dibayarkan oleh wajib pajak;
2) Balas jasa diterima secara langsung
3) Digunakan untuk kepentingan pejabat;
4) Balas jasa tidak diberikan secara langsung.
Ciri-ciri pajak ditunjukkan nomor ....
a. 1) dan 2)                                                c. 2) dan 3)
b. 1) dan 4)                                                d. 2) dan 4)
3.       Pajak yang persentase tarifnya semakin besar apabila objek pajaknya semakin besar disebut ....
a. proporsional                        c. progresif
b. degresif                                 d. subjektif
4.       Jenis pajak menurut sistem pemungutannya dibedakan menjadi ....
a. pajak daerah dan pajak negara
b. pajak daerah dan pajak langsung
c. pajak negara dan pajak tidak langsung
d. pajak langsung dan pajak tidak langsung
5.       Jenis pajak daerah dibedakan menjadi ....
a. pajak provinsi dan pajak kabupaten
b. pajak daerah dan pajak kabupaten
c. pajak negara dan pajak provinsi
d. pajak daerah dan pajak negara
6.       Contoh pajak langsung adalah ....
a. PBB dan PPN                        c. PPN dan PPh
b. PBB dan PPh                        d. PPN dan PPnBm
7.       Contoh pajak tidak langsung adalah ....
a. PBB dan PPh                        c. PPN dan PPnBm
b. PPN dan PPh                       d. PBB dan PPN
8.       Tarif pajak penghasilan yang dikenakan untuk PTKP sebesar Rp. 135.000.000, adalah sebesar ....
a. 5 %                                           c. 25 %
b. 15 %                                        d. 5 % dan 15 %
9.       Tarif PPh untuk wajib pajak perorangan adalah sebesar ....
a. Rp. 2.025.000,-                    c. Rp. 24.300.000,-
b. Rp.13.400.000,-                   d. Rp. 50.000.000,-
10.   Faktor-faktor selain harga yang sebenarnya juga menentukan jumlah barang yang diminta dianggap tetap disebut ....
a. permintaan                          c. ceteris paribus
b. penawaran                           d. harga pasar
11.   Hukum permintaan berbunyi ....
a.       apabila harga barang naik, maka jumlah permintaan turun
b.      apabila harga barang naik, maka jumlah permintaan naik
c.       apabila harga barang turun, maka jumlah permintaan turun
d.      apabila harga barang turun, maka jumlah permintaan tidak berubah
12.   Kesediaan pembeli untuk membeli barang atau jasa pada berbagai tingkatan harga dalam waktu tertentu disebut ....
a. penawaran                           c. ceteris paribus
b. permintaan                          d. harga pasar
13.   Permintaan potensial adalah ....
a.       permintaan yang tidak didukung daya beli konsumen
b.      permintaan yang didukung daya beli konsumen
c.       permintaan yang didukung daya beli, namun menunda untuk membeli
d.      permintaan yang tidak didukung daya beli, namun ingin membeli
14.   Apabila jumlah barang yang ditawarkan pada harga tertentu terlalu banyak dibandingkan dengan jumlah barang yang akan dibeli konsumen maka harga barang akan ....
a. naik                                          c. tetap
b. stabil                                       d. turun
15.   Umumnya jika harga barang naik maka jumlah permintaan akan turun, begitu juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan ....
a. jumlah barang yang beredar terlalu banyak
b. jumlah barang yang beredar terlalu sedikit
c. konsumen menunda pembelian
d. produsen menimbun barang
16.   Kurva permintaan pada hakikatnya bergerak dari dari kiri atas ke kanan bawah. Hal ini menggambarkan bahwa ....
a.       apabila harga barang naik, maka jumlah permintaan turun
b.      apabila harga barang naik, maka jumlah permintaan naik
c.       apabila harga barang turun, maka jumlah permintaan turun
d.      apabila harga barang turun, maka jumlah permintaan tidak berubah
17.   Jika harga barang naik berakibat pada penurunan jumlah barang yang diminta oleh konsumen. Hal ini terjadi karena kenaikan harga barang menyebabkan ...
a. kenaikan permintaan      
b. penurunan permintaan
c. kenaikan penawaran
d. penurunan penawaran
18.   Jika penawaran suatu barang turun, dapat dipastikan bahwa kurva penawaran tersebut akan ....
a. bergerak ke kiri                   c. bergerak ke kanan
b. bergerak ke atas                                d. bergerak ke bawah
19.   Seseorang yang mempunyai cukup uang untuk membeli berbagai barang pada berbagai tingkatan harga berarti ia termasuk dalam kelompok orang yang memiliki permintaan ....
a. mutlak                                    c. potensial
b. absolut                                   d. efektif
20.   Jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan tingkat harga. Hukum penawaran tersebut jika digambarkan secara grafis akan menghasilkan kurva yang bergerak ....
a. dari kanan bawah ke kiri atas
b. dari kiri bawah ke kanan atas
c. dari kanan kiri ke atas bawah
d. dari atas bawah ke kanan kiri
21.   Permintaan masyarakat pada suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemam-puan untuk membayar namun menunda untuk melalukan pembelian disebut permintaan ....
a. mutlak                                    c. potensial
b. absolut                                   d. efektif
22.   BPUPKI dibentuk tanggal ....
a. 1 Maret 1945                        c. 7 Agustus 1945
b. 1 April 1945                           d. 14 Agustus 1945
23.   Sidang I BPUPKI membahas tentang ....
a. dasar negara                        c. wilayah
b. rancangan UUD                  d. kementrian
24.   Sisi positif peristiwa Rengasdengklok adalah ....
a. Belanda menyerah kepada Jepang
b. Jepang menyerah kepada sekutu
c. kemerdekaan Indonesia dari penjajah
d. perbedaan pendapat antargolongan
25.   Proklamasi kemerdekaan Indonesia berlokasi di ..
a. Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta
b. Jalan Merdeka Utara No. 1 Jakarta
c. Jalan Menteng No. 31 Jakarta
d. Jalan Pegangsaan Timur No. 56
26.   Tokoh perumus dasar negara adalah ....
a. Soekarno, Soepomo, Moh. Yamin
b. Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Subarjo
c. Soeharto, Moh. Yamin, Soepomo
d. Soekarno, Hatta, Radjiman Widyodiningrat
27.   Tokoh yg merumuskan teks proklamasi adalah ....
a. Soekarno, Soepomo, Moh. Yamin
b. Soekarno, Moh. Hatta, Ahmad Subarjo
c. Soeharto, Moh. Yamin, Soepomo
d. Soekarno, Hatta, Radjiman Widyodiningrat
28.   Sila pertama Piagam jakarta adalah ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kewajiban untuk menjalankan syariat Islam
c. Persatuan Indonesia
d. Kebangsaan Indonesia
29.   Perbedaan pajak dengan retribusi adalah ....
a. pihak pemungutnya         c. subjeknya
b. cara pembayaran               d. balas jasa
30.   Tarif pajak yang persentasenya semakin menurun berdasarkan objek pajaknya disebut ....
a. proporsional                        c. regresif
b. progresif                               d. degresif
31.   Hukum penawaran berbunyi ....
a.      Apabila harga naik, maka jumlah penawaran akan naik
b.      Apabila harga turun, maka jumlah penawaran akan naik
c.       Apabila harga naik, maka jumlah penawaran akan tetap
d.      Apabila harga turun, maka jumlah penawaran akan tetap
32.   Permintaan absolut adalah ....
a.       Permintaan yang didukung daya beli konsumen
b.      Permintaan yang tidak didukung daya beli konsumen
c.       Permintaan yang didukung daya beli namun belum melakukan pembelian
d.      Permintaan yang didukung daya beli namun belum didukung oleh produsen
33.   Harga pasar terbentuk setelah terjadi proses ....
a. pembelian                            c. pajak
b. penjualan                             d. tawar-menawar
34.   Perbedaan surplus dengan shortage adalah ....
a. surplus kelebihan, shortage kekurangan
b. surplus kekurangan, shortage kelebihan
c. surplus pengurangan, shortage penambahan
d. surplus penambahan, shortage pengurangan
35.   Badan PBB yang mengatur masalah ketenaga kerjaan adalah ....
a. FAO                                         c. UNICEF
b. ILO                                           d. UNESCO
36.   Dalam kegiatan produksi yang memakai teknologi, maka produsen melakukan ....
a. intensifikasi                          c. difersifikasi
b. mekanisasi                           d. spesialisasi
37.   Penduduk yang berusia antara 15 – 64 tahun disebut ....
a. angkatan kerja                    c. tenaga kerja
b. bukan angkatan kerja      d. pekerja
38.   Pengangguran yang disebabkan oleh adanya perubahan struktur perekonomian atau ketidak cocokan dalam hal keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja disebut pengangguran ....
a. siklus                                       c. friksional
b. strukural                                d. musiman
39.   Pekerja yang beralih pekerjaan atau sengaja tidak bekerja karena menunggu tawaran pekerjaan yang lebih baik adalah contoh pengangguran ....
a. siklus                                       c. friksional
b. strukural                                d. musiman
40.   Pengangguran yang disebabkan oleh adanya ketidakstabilan keadaan perekonomian suatu negara disebut pengangguran ....
a. siklus                                       c. friksional
b. strukural                                d. musiman
41.   Adanya hak-hak milik swasta atas alat-alat produksi yang digunkan untuk mendapatkan laba dalam kondisi persaingan adalah bentuk sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosilaisme
b.      Komunisme                          d. Campuran
42.   Adanya kepemilikan dan pengawasan pemerintah terhadap beberapa industri dan pelaksanaan program kesejahteraan adalah bentuk sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosialisme
b.      Komunisme                          d. Campuran
43.   Berlandaskan cita-cita masyarakat bersama dan merupakan sistem ekonomi yang lebih kompleks adalah sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosialisme
b.      Komunisme                          d. Campuran
44.   Mekanisme harga dan pasar bebas yang hidup berdampingan dengan perencanaan pusat, darah, dan lokal adalah sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosialisme
b.      Komunisme                      d. Campuran
45.   Adam Smith adalah tokoh pelopor sistem ekonomi ....
a. liberal                                      c. sosialis
b. komando                              d. campuran
46.   Seperangkat aturan mengenai kegiatan atau kebutuhan sosial tertentu disebut ....
a.       Nilai                                      c. Perilaku
b.      Norma                                 d. Pranata
47.   Pendidikan agama yang disampaikan melalui pernyataan terbuka, sarat muatan, dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat disebut fungsi ....
a.       Laten                                   c. Perilaku
b.      Manifes                              d. Doktrin
48.   Keluarga berfungsi sebagai pranata yang menanamkan kepribadian pertama kali yang disebut sebagai fungsi ....
a. afeksi                                      c. reproduksi
b. ekonomi                                 d. sosiologis
49.   Kecantikan, kebugaran, dan hiburan termasuk ke dalam pranata ....
a. ekonomi                                 c. estetika
b. somatik                                  d. pendidikan
50.   Bangunan rumah beribadah yang arsistik membuat seseorang ingin mengaplikasikannya dalam disain bangunan rancangannya merupakan contoh funngsi ....
a.       Laten                                   c. Perilaku
b.      Manifes                               d. Doktrin


___ Selamat Tanya Jawab ___
Semoga Menjadi Sakti




2 comments: