Sunday, September 14, 2014

TIPS / CARA PACKING MINIATUR BIS

Dilatar belakangi oleh banyaknya laka miniatur dalam proses pengiriman antarkota, dibuatlah sedikit informasi mengenai cara packing miniaturbis dengan bahan-bahan sederhana berikut ini.


Kardus yang sudah disesuaikan dengan dimensi miniatur, usahakan kardus lebih besar lebih dari 5 cm daripada dimensi miniatur. Koran bekas atau kertas bekas atau plastik bekas juga bisa. Dimensi kardus dibuat lebih besar supaya nanti bisa diselepi dengan kertas bekas sebagai penahan bodi miniatur.


Owul-uwel atau lecek-lecek kertas koran yang tersedia sesuai dengan bentuk yang anda sukai.


Masukkan ke dalam kardus menjadi tiga bagian, yakni untuk overhang depan, tengah, dan overhang belakang. Sediakan beberapa ruang untuk pijakan ban miniature.


Masukkan miniatur ke dalam kardus yang sudah diberi bantalan kertas uwel-uwekan tadi.


Selipkankertas  di depan kaca depan sebagai penahan bodi depan. Kaca sepion baikknya dilepas saja agar lebih aman lagi dalam perjalanan.


Selipkan kertas di belakang bodi bis juga agar dapat menahan bodi belakang.


Sediakan kertas koran atau kertas bekas atau pelastik bekas pakai seperti bentuk di atas, yakni memanjang alias horisontal. Kertas ini nanti untuk bagaian kiri dan kanan bodi bis.


Nah,selipkan lagi di kiri dan kanan bodi bis hingga miniatur padat dan tidak bisa goyang-goyang. Bahaya kalo di jalan goyang resiko laka lebih besar.


Tutup juga bagian atas miniatur dengan kertas atau pelastik sesuai dengan selera anda.


Ini yang penting, isolasi kardus miniatur yang sudah padat (tidak oblag atau goyang) tadi di empat titik yakni depan ,tengah, belakang, dan horisontal di tengah kardus. lebih baik lagi menggunakan isolasi warna cokelat seperti poto di atas karena daya rekat lebih kuat pada lapisan kardus. Isolasi mengelilingi seluruh bagian kardus agar lebih kuat, aman, sentosa, adil, dan makmur.


Berikan juga wejangan-wejangan, pesan, kesan, dan nomor hp penerima. Biasanya dituliskan dengan wejangan: " Barang Mudah Rusak, Mohon pelan-pelan saja mas,,,", jangan lupa sematkan pula icon  "senyuman", "gelas pecah", 'jangan ditumpuk" dan "penunjuk tanda atas" dengan warna yang mecolok.

Sudah rapih semuanya, monggo dibawa ke jasa titipan paket terpecaya menurut hati nurani anda. Kalau saya biasanya yang aman itu pakai Pahala Ekspress, ESL Ekpress, atau KD Ekspress.

Silahkan mencoba, terimakasih.

Small is Sexy
Miniatur Bis


www.bismania.org
Korwil Banten BTN - 016

1 comment: