Friday, September 26, 2014

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN PO AKAS


Bagi penduduk yang berada di Jawa Timur dan Bismania sedunia, pasti mengenal Perusahaan Otobus (PO) AKAS dari Kota Probolinggo. PO AKAS ini didirikan H Karman Amat, yang bermula dari sebuah bengkel di tahun 1934, yakni pada masa perjuangan kemerdekaan. Bengkel itu digunakan untuk memperbaiki senjata milik para pejuang. Hingga kini PO. AKAS masih terus berkibar dan mengibarkan sayap di dunia transportasi darat.


Secara resmi PO AKAS didirikan oleh H Karman Amat di Probolinggo pada 1956, dengan Akta Notaris Sie Kwan Ho nomor 111 tanggal 23 Maret 1956 dengan bentuk perseroan komanditer (CV). Kemudian dalam perkembangannya, H Karman Amat memiliki bidang usaha lainnya, yakni hotel, perkebunan, penangkapan ikan, bahkan mengelola pendidikan yakni Universitas Wijaya Putra di Surabaya. Pengelolaan armada PO AKAS dibagi menjadi PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV, di tahun 1976 sesuai dengan putra-putri , dengan trayek yang berbeda-beda. PO AKAS I dipimpin Harsono, PO AKAS II dipimpin Tingok, PO AKAS III dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni, dan PO AKAS IV Eddy Hariadi.

PO AKAS Group memiliki beberapa trayek, yang sebagian besar melewati kota Probolinggo seperti Jakarta - Banyuwangi, Banyuwangi-Probolinggo, Banyuwangi-Semarang, Banyuwangi-Madura, Surabaya-Denpasar, Malang-Denpasar, dan Probolinggo-Semarang. Namun, saat ini PO AKAS IV mengkonsentrasikan armadanya pada layanan bus pariwisata dengan unit Gold Edition dan Chrome Editionnya.

Kepanjangan dari AKAS adalah Ahmad Karman Amat Saudara. Kini telah ada empat generasi dari AKAS yakni AKAS 1, AKAS 2, AKAS 3, dan AKAS 4.
  1. AKAS 1 dipimpin oleh Harsono dengan warna body abu2 tulisan dan tulisan A K A S dipisah.
  2. AKAS 2 dipimpin Tingok body warna dasar putih ada garis-garis hitam, merah, kuning yg kemudian terbagi menjadi AKAS AG (AKAS Green - Pariwisata), AKAS ASRI (AKAP), serta AKAS NNR (Nola Nike Roy) yang kini menjadi AKAS N1 (Nike 1 - Pariwisata) dan AKAS NR (Nola Roy - Pariwisata).
  3. AKAS 3 dipimpin Ali suami dari Ibu Sunarni dengan body ungu dengan menggunakan nama Anggun Kridra dan Kurnia Jaya untuk trayek Surabaya - Banyuwangi.
  4. AKAS 4 dengan unit-unit yang up date dengan tulisan AKAS digandeng seperti pada AKAS 2.
Untuk armada Mila ada beberapa pengelola seperti Mila trayek Banyuwangi-Jogja dipegang akas N1 dengan armada legendari Predator, Dona Doni, dsb. Sedangkang untuk Mila trayek yang lain dipegang AKAS 4. Selain menggunakan nama besar AKAS, AKAS Group juga menggunakan nama lain seperti Harapan Kita, Indonesia Abadi, Estu Jaya, dan Yuangga yang dikelola oleh AKAS NR.

Harap dikomentari jika ada kesalahan.



AKAS IV Gold Edition
Body Tourismo MP - Yuchai 330HP


AKAS ASRI
Body JB Adiputo - MB OH 1526


AKAS AG (Green)
Body Genesia Irizar New Armada


6 comments:

  1. Replies
    1. font AKAS = custum edit sendiri, belum ada di Ms Word

      Delete
  2. Salam Hangat Bro Bismania, Saya Julli dari PT INDOMOBIL PRIMA NIAGA ( HINO BUS ), apabila mas bro ada kebutuhan armada Bus Hino baik type medium atau big bus, saya siap bantu memberikan kontribusi.
    Promo Hino Bus:
    -Service rutin gratis 2 tahun / 60.000 km
    -Dp Ringan
    -Bungan leasing lebih rendah.
    Salam BisMania all chapter...mas bro bisa menghubungi saya di no Hp (0813.1791.1078. 0857.1137.5337)

    ReplyDelete
  3. Maaf ralat untuk akasIV gold edition tourismo bukan 1526 tapi yuchai 330HP..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...iya mas. overhang dpn panjang plus lubang bbm .. terimakasih mas...

      Delete