Saturday, May 10, 2014

SOAL 8 SMP SOSIOLOGI: UAS SEMESTER II

ULANGAN SEMESTER II

8 SMP – IPS SOSIOLOGI

A.      Pilihan Ganda
1.       Seperangkat aturan mengenai kegiatan atau kebutuhan sosial tertentu disebut ....
a.       Nilai                                     c. Perilaku
b.      Norma                                 d. Pranata
2.       Seperangkat aturan yang mengatur kehidupn manusia, baik manusia dengan sesamanya maupun manusia dengan penciptanya disebut ....
a.       Nilai agama                       c. Perilaku beragama
b.      Norma agama                  d. Pranata agama
3.        Pendidikan agama yang disampaikan melalui pernyataan terbuka, sarat muatan, dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat disebut fungsi ....
a.       Laten                                   c. Perilaku
b.      Manifes                              d. Doktrin
4.       Ajaran yang memiliki pola keyakinan serta memuat dalil-dalil untuk mengatur kehidupan manusia disebut ....
a.       Doktrin                               c. Manifes
b.      Ritual                                   d. Perilaku
5.       Aturan-aturan ibadah tertentu yang digunakan untuk mengatur kegiatan manusia menurut tata cara agama disebut ....
a.       Doktrin                               c. Manifes
b.      Ritual                                   d. Perilaku
6.       Tindakan, perbuatan, dan sikap manusia dalam melaksanakan suatu kegiatan bermasyarakat disebut ....
a.       Doktrin                               c. Manifes
b.      Ritual                                   d. Perilaku
7.       Pendidikan agama yang sebagian kegiatannya tanpa disadari dapat berkembang menjadi pendorong munculnya kegiatan lain yang bersifat tersembunyi disebut fungsi ....
a.       Laten                                   c. Perilaku
b.      Manifes                              d. Doktrin
8.       Bangunan rumah beribadah yang arsistik membuat seseorang ingin mengaplikasikannya dalam disain bangunan rancangannya merupakan contoh funngsi ....
a.       Laten                                   c. Perilaku
b.      Manifes                              d. Doktrin
9.       Hubungan antara komponen-komponen ekonomi dengan kerangka hukun yang mengatur tentang bagaimana komponen-kompenen tersebut bekerja disebut ....
a.       Hukum ekonomi             c. Lembaga ekonomi
b.      Sistem ekonomi             d. Pranata ekonomi
10.   Adanya hak-hak milik swasta atas alat-alat produksi yang digunkan untuk mendapatkan laba dalam kondisi persaingan adalah bentuk sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosilaisme
b.      Komunisme                      d. Campuran
11.   Adanya kepemilikan dan pengawasan pemerintah terhadap beberapa industri dan pelaksanaan program kesejahteraan adalah bentuk sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosialisme
b.      Komunisme                      d. Campuran
12.   Berlandaskan cita-cita masyarakat bersama dan merupakan sistem ekonomi yang lebih kompleks adalah sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosialisme
b.      Komunisme                      d. Campuran
13.   Mekanisme harga dan pasar bebas yang hidup berdampingan dengan perencanaan pusat, darah, dan lokal adalah sistem ekonomi ....
a.       Liberal                                 c. Sosialisme
b.      Komunisme                      d. Campuran
14.   Manusia pada zaman prasejarah pola hidupnya....
a.       Bergantung dengan alam
b.      Memanfaatkan alam
c.       Mendominasi alam
d.      Menyatu dengan alam
15.   1) Menyatu dengan alam    4) Mengabaikan alam
2) Memanfaatkan alam        5) Mendominasi alam
3) Bergantung dengan alam
Tahapan manusia dalam memanfaatkan alam secara urut adalah ....
a.       1), 2), 3), 4)                        c. 3), 2), 5), 1)
b.      2), 3), 1), 4)                        d. 4), 3), 2), 1)
16.   Pertanian pada masa primitif diusahakan dengan cara ....
a.       Ladang berpindah          c. Pergiliran tanaman
b.      Pertanian menetap       d. Tumpang sari
17.   Sistem distribusi yang sepenuhnya dilakukan oleh pihak swasta adalah sistem distribusi ....
a.       Kapital                                                c. Campuran
b.      Terpimpin                         d. Liberal
18.   Sistem distribusi yang sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah adalah sistim distribusi ....
a.       Kapital                                                c. Campuran
b.      Terpimpin                         d. Liberal
19.   Kegiatan distribusi dilakukan oleh perusahaan swasta bersama-sama dengan perusahaan negara adalah sistem distribusi ....
a.       Kapital                                                c. Campuran
b.      Terpimpin                         d. Liberal
20.   Kegitan konsumsi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan barang/jasa baru sebagai hasil produksinya disebut ....
a.       Konsumsi teknis             c. Konsumsi umum
b.      Konsumsi negara            d. Konsumsi primer
21.   Usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan bagi perananya di masa yang akan datang adalah pengertian pendidikan menurut ....
a.       UU No. 20 / 2003             c. UU No. 23 / 1999
b.      Tanlain                                                d. Bintarto
22.   Pada dasarnya tujuan pendidikan adalah ....
a.       Menciptakan nilai yang maksimal
b.      Menciptakan manusia yang bermoral
c.       Memenuhi kebutuhan dasar manusia
d.      Memenuhi keinginan orang tua
23.   Pendidikan yang diperoleh seseorang melalui pengalaman sehari-hari secara sadar maupun tidak sadar dan dari lahir hingga akhir hayatnya disebut pendidikan ....
a.       Formal                                                c. Permanen
b.      Informal                             d. Nonformal
24.   Membantu seseorang agar mampu mencari nafkah sendiri merupakan fungsi .... pranata pendidikan.
a.       Laten                                   c. Perilaku
b.      Manifes                              d. Doktrin
25.   Menghasilkan lulusan yang berkualitas sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan orang lain merupakan fungsi .... pranata pendidikan.
a.       Laten                                   c. Perilaku
b.      Manifes                              d. Doktrin
26.   1) Sarana komunikasi politik
2) Sarana menghimpun massa
3) Sarana sosialisasi berpolitik
4) Sarana rekuitmen berpolitik
5) Sarana pengatur konflik
Peran pranta politik adalah ....
a.       1), 2), 3), 4)                        c. 1), 2), 4), 5)
b.      1), 3), 4), 5)                        d. 1), 2), 3), 5)
27.   Serangkaian proses atau upaya untuk mengawasi, menahan, mengekang, dan mencegah perilaku manusia dari berbagai penyimpangan terhadap nilai dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat disebut ....
a.       Penyimpangan sosial   c. Pengendalian sosial
b.      Tertib sosial                      d. Sosialisasi
28.   Upaya pencegahan sebelum terjadinya penyimpangan sosial adalah pengendalian sosial secara ....
a.       Preventif                           c. Kuratif
b.      Represif                             d. Koersif
29.   Upaya penekanan atau penghambat saat sedang  terjadinya penyimpangan sosial adalah pengendalian sosial secara ....
a.       Preventif                          c. Kuratif
b.      Represif                            d. Koersif
30.   Upaya penekanan atau penghambat setelah  terjadinya penyimpangan sosial adalah pengendalian sosial secara ....
a.       Preventif                          c. Kuratif
b.      Represif                            d. Koersif
31.   Guru pembimbing mengadakan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunan narkotika. Kegiatan tersebut merupakan upaya pengendalian sosial secara ....
a.       Represif                             c. Koersif
b.      Kuratif                                 d. Preventif
32.   Berikut ini yang merupakan pengendalian sosial yang bersifat kuratif adalah ....
a.       Penyuluhan mengenai bahaya  tawuran
b.      Polisi menangkap pelaku tawuran
c.       Pembinaan pelajar yang tertangkap tawuran
d.      Pihak sekolah melakukan razia senjata tajam
33.   Pelaku pencopetan yang ditangkap warga diserahkan kepada Polisi meruapak pengendalian sosial yang bersifat ....
a.       Represif                             c. Koersif
b.      Kuratif                                 d. Preventif
34.   Anjuran, ajaran, saran, dan petuah dari seseorang yang dipandang memiliki banyak pengetahuan/ pengalaman kepada orang lain disebut ....
a.       Kritik                                    c. Pendidikan
b.      Nasihat                               d. Pergunjingan
35.   Percakapan dua orang/lebih yang umumnya membicarakan pelaku penyimpangan sosial disebut ....
a.       Kritik                                    c. Peringatan
b.      Nasihat                               d. Pergunjingan
36.   Philip H. Coombs memgklarifikasikan pendidikan menjadi  ....
a.       Formal, nonformal, informal
b.      SD, SMP, SMA
c.       Biasa, khusus, luar biasa
d.      Afektif, kognitif, psikomotorik
37.   Suatu aturan yang memuat kriteria yang disepakati agar lingkungan sosial menjadi tertib dan teratur disebut ....
a.       Kaidah                                 d. Pergunjingan
b.      Peringatan                        c. Pendidikan
38.   Ungkapan kritik sosial yang ditujukan kepada pelaku penyimpangan sosial disebut ....
a.       Peringatan                        c. Pendidikan
b.      Nasihat                               d. Pergunjingan
39.   Ajaran tentang kaidah untuk mengatur segala aspek kehidupan manusia disebut ....
a.       Nasihat                               c. Saran
b.      Kaidah                                 d. Agama
40.   Figur warga masyarakat yang dipandang memiliki nilai lebih daripada warga lainnya disebut ....
a.       Tokoh masyarakat          c. Petugas keamanan
b.      Peradilan hukum            d. Adat Istiadat
41.   Aturan yang dijunjung tinggi meskipun tidak tertulis dan berfungsi di dalam masyarakat seperti hukum tertulis disebut ....
a.       Hukum                                                c. Syariat
b.      Adat Istiadat                     d. Peringatan
42.   Lembaga sosial yang berwenang untuk menangkap, memiriksa, dan menyelidik pelaku penyimpangan sosial adalah ....
a.       TNI                                        c. Satpam
b.      Polisi                                   d. Hakim
43.   Lembaga sosial yang berwenang untuk menentukan putusan hukum/sanksi terhadap pelaku penyimpangan sosial sesuai undang-undang adalah ....
a.       TNI                                        c. Satpam
b.      Polisi                                   d. Hakim
44.   Pelaku kasus korupsi yang dijatuhkan hukuman mati merupakan upaya pengendalian sosial yang diputuskan oleh ....
a.       Kejaksaan                          c. Kepolisian
b.      Pengadilan                        d. Pengacara
45.   Upaya pengendalian sosial dapat dicegah sedini mungkin melalui ....
a.       Pergunjingan                   c. Kepolisian
b.      Nasihat                               d. Pengadilan

B.      Essai

1.       Sebutkan fungsi manifes dan fungsi laten pranata agama!
Fungsi manifes
1)      Doktrin: ajaran yang berisi pola keyakinan serta memuat dalil-dalil untuk mengatur hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan sang pencipta.
2)      Ritual: aturan-aturan ibadah tertentu yang digunakan untuk mengatur kegiatan manusia menurut tata cara agama.
3)      Perilaku: tindakan, perbuatan, dan sikap manusia dalam melaksanakan suatu kegiatan masyarakat.
Fungsi laten
Pendidikan agama yang sebagian kegiatannya tanpa disadari dapat berkembang menjadi pendorong munculnya kegiatan lain karena sifatnya tersembunyi.

2.       Jelaskan 4 sistem ekonomi yang ada di dunia!
1)      Kapitalisme: adanya hak swasta atas alat-alat produksi yang digunakan untuk memperoleh keuntungan.
2)      Sosialisme: adanya kepemilikan dan pengawasan pemerintah terhadap beberapa industri dan program kesejahteraan rakyat.
3)      Komunisme: berlandaskan cita-cita masyarakat bersama dan meruapakan sistem ekonomi yang lebih kompleks.
4)      Campuran: mekanisme harga dan pasar bebas yang hidup berdampingan dengan perencanaan pusat, daerah, dan lokal.

3.       Jelaskan secara urut tahapan manusia dalam memanfaatkan sumberdaya alam!
1)      Masa manusia bergantung dengan alam
2)      Masa manusia memanfaatkan alam
3)      Masa manusia mendominasi alam
4)      Masa penyatuan manusia dengan alam

4.       Sebutkan 5 tujuan pembangunan industri!
1)      Memperluas kesempatan kerja
2)      Meningkaakan pendapatan masyarakat
3)      Memperkokoh struktur ekonomi nasional
4)      Memperluas dan meratakan kesempatan berusaha
5)      Menaikkan peranan pasar dalam dan luar negeri

5.       Jelaskan contoh fungsi manifes dan fungsi laten pranata pendidikan!
1)      Fungsi manifes (nyata): membantu seseorang agar mampu mencari nafkah secara mandiri dan mengembangkan potensinya dalam memenuhi kebutuhannya.
2)      Fungsi laten (tersembunyi): pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berkualitas rendah akan menghasilkan lulusan yang tidak siap kerja.

6.       Program wajib belajar sembilan tahun adalah ....
Program yang mewajibkan warga negara Indonesia untuk belajar selama 9 tahun pada pendidikan formal dari jenjang SD sampai lulus SMP.

7.       Sebutkan 4 peranan pranata politik!
1)      Sebagai sarana komunikasi berpolitik
2)      Sebagai sarana sosialisasi berpolitik
3)      Sebagai sarana rekuitmen politik
4)      Sebagai sarana pengatur konflik dalam masyarakat

8.       Jelaskan 3 bentuk upaya pengendalian sosial!
1)      Preventif: upaya penegahan sebelum terjadinya peyimpangan sosial, misalnya penyuluhan mengenai bahaya narkotika.
2)      Represif: upaya penekanan atau penghambat saat terjadinya penyimpangan sosial, misalnya petugas keamanan menangkap siswa yang melakukan tawuran.
3)      Kuratif: upaya penekanan atau penghambat setelah terjadinya penyimpangan sosial, misalnya petugas keamanan menghubungi guru dan orang tua siswa yang terlibat tawuran untuk diberi bimbingan.

9.       Jelaskan upaya pengendalian sosial melalui pendekatan nilai dan norma!
1)      Nasihat: ajaran, anjuran, sran, dan petuah dari seseorang yang dipandang memiliki pengetahuan dan pengalaman.
2)      Pergunjingan: percakapan dua orang atau lebih yang umumnya membicarakan pelaku penyimpangan sosial.
3)      Peringatan: ungkapan kritik sosial yang ditujukan kepada pelaku penyimpangan sosial secara lisan dan tulisan.
4)      Kaidah: atauran yang memuat kriteria yang disepakati bersama agar lingkungan sosial menjadi teratur dan tertib.
5)      Pendidikan: suatu kegiatan yang sistematis dan terarah menuju terbentuknya kepribadian peserta didik.
6)      Agama: ajaran tentang kaidah untuk mengatur segala aspek kehidupan manusia.

10.   Sebutkan lembaga sosial yang memiliki potensi untuk berpartisipasi dalam pengendalian sosial!
1)      Petugas keamanan
2)      Peradilan hukum
3)      Syariat/adat istiadat
4)      Tokoh masyarakat


No comments:

Post a Comment