Sunday, April 13, 2014

SUMBER DAYA ALAM TERBARUKAN

Sumber daya alam adalah potensi yang dimiliki oleh alam yang dapat dimanfaatkan oleh mahluk hidup termasuk manusia. Sumber daya alam terbaruakan adalah potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan mahluk hidup dan masih dapat diperbaharuisecara alami maupun dengan bantuan manusia. Jenis sumber daya alam dapat diperbaharui meliputi:

  1. bidang pertanian
  2. bidangkehutanan
  3. bidang perkebunan
  4. bidang perikanan
  5. bidang peternakan
  6. sumber daya tanah
  7. sumber daya air
  8. sumber daya matahari
  9. sumber daya angin
A. Sumber Daya Alami Pertania

Hasil sumber daya alami bidang pertanian di Indonesia antara lain padi, jagung, tebu, palawija, sagu, dan tanaman pangan lainnya. Jenis pertanian yang dikembangkan antara lain:
  1. sawah pasang surut: sistem pertanian yang dilakukan di muara sungai dan mengandalkan pasang-surut air laut untuk irigasi.
  2. sawah lebak: sistem pertanian yang dilakukan di sepanjang tanggul sungai (DAS) dan mengandalkan air sungai untuk irigasi.
  3. sistem sawah: sistem pertanian yang menggunakan irigasi teknis dan banyak dilakukan masyarakat Indonesia (Jawa dan Sumatra).
  4. sistem huma (perladangan): sistem pertanian dengan cara membuka lahan dengan menebang hutan. Padi yang ditanam adalah jenis padi gogo yang banyak dtanam di Pulau Kalimantan.
  5. sistem tegalan: siste pertanian menetap yang dilakukan secara intensif dengan irigasi nonteknis.

No comments:

Post a Comment