Sunday, March 16, 2014

SCORPION X - TENTREM

Identitas resmi Scorpion X

Revolution dari sang kakak Scorpion King

Embelm logo Scania


Scania by United Tractor


Pepaduan antara Swedia dengan Malang, Indonesia

Urusan eksterior dan interior dipercayakan pada produk buatan dalam negeri. Bodi Scorpion X dibuat di karoseri Indonesia bernama Tentrem yang berada di Malang, Jawa Timur. Sedangkan sasis dan mesin masih diimport utuh (built up) dari luar negeri. Ntah diproduksi dimana yang pasti merek Scania itu terkenal sebagai produsen mesin-mesin berat seperti truk dan bus yang bermarkas di Swedia.

Depan ke samping

Banyak berbeda dari sang kakak Scorpion King, Scorpion X saat ini menampakkan bodi depan penuh garis tajam dan futuristik. Dengan tidak meninggalkan desain Scor King pada pilar A turun tajam ke bawah dengan tambahan aksen krom.

Depan tatapan tajam Scor X

Dengan wajah yang lebih garang dari sang pendahulu dengan mengguakan head lamp model terbaru yang baru digunakan oleh Scor x ini. Garis mata tajam dengan dua buah lampu seperti lampu proyektor dan lampu sein. Di bumper dengan desain tajam juga ditanam lampu kabut atau foglamp dan sesuai perkembangan zaman ikut tertanam pula lampu DLR (lampu siang hari) seperti pada mobil-mobil mewah. Lampu DRL sendiri pertama kali diaplikasikan pada bodi Skyliner RS.


Velg depan Scania berlogo singa melet dengan10 baut 
Air Suspension built up

Overhang depan puanjang Scania K360 IB?

Desain lampu yang tajam juga ikut melipir ke bagian pintu depan dengan aksen seperti dari bahan akrilik saja.

Dari Samping

Terlihat gagah seperti pendahulunya. Scor X menggunkan punuk yang berbeda 180 derajat dari sang pendahulunya. Saat ini menggunakan punuk di tengah dengan bentuk ada bolongan seperti pada roff tail seperti pada mobil Terior lah.

Velg belakang
Buil in Air Suspension

Menghajar lobang-lobang jalan Pantura tidak akan berasa dengan balon udara yang telah terpasang dari pabriknya. Need for sleep lah...

Aksen belakang

Untuk penghabisan kaca belakang juga menggunakan aksen silver seperti pada kaca depan tadi. Model aksennya berbentuk seperti boomerang senjata khas suku Aborigin di Australia.



Belakang

Wooooiih... Sangar sekali tampak belakang dari Scor X ini dengan kisi-kisi udara yang tidak biasa. Kisi-kisi udara berdisein anti-mainstream dengan aksen-aksen berwarna silver untuk pendinginan mesin yang maksimal. Lampu menggunakan lampu fulll LED seperti pada lampu Scania Touring, Discovery, Sktliner, atau Euroliner.

Lekukan bodi belakang

Bodi belakang tampak berisi dengan lekukan-lekukan yang mengembung sampai pada bagian atas kaca belakang. Era akhir 2013 dengan bodi belakang berisi yang ternyata dimulai dari New celcius RS. Jika diperhatikan bentuk kaca belakang Scor x ini sekilas mirip Comfort dan Sprinter Laksana. Hanya mirip saja, tidak sama lho.



Raja Tulung Agung
be Groovy
HARAPAN JAYA
Tangerang - Tulung Agung - Blitar
SCANIA K 360 IB
VIP Class
Terminal Poris, Kota Tangerang
16 Maret 2014
Lenovo A390 saja Apps Camera 360




1 comment: