Thursday, November 28, 2013

SOAL 7SMP IPS SOSIOLOGI



Pilihan Ganda.
1.       Manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Pernyataan ini menunjukkan bahwa manusia adalah mahluk ....
a. sosial                       c. berkelompok
b. bergantung          d. tidak mandiri
2.       Proses di mana orang-orang yang menjalin kontak dan berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan dinamakan ....
a. komunikasi           c. interaksi sosial
b. pertemuan           d. komunikasi sosial
3.       Agar interaksi dapat berlangsung dibutuhkan dua syarat yaitu ....
a. adanya kontak sosial dan komunikasi.
b. adanya individu dengan individu
c. antara individu dengan kelompok
d. antara kelompok dengan kelompok
4.       Yang termasuk kontak sosial sekunder tidak langsung adalah ....
a. berkenalan di depan kelas
b. bersalaman ketika saling bertemu
c. surat menyurat
d. bersapaan ketika bertemu
5.       Komunikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa isyarat disebut dengan komunikasi....
a. non-verbal            c. tidak langsung
b. verbal                     d. isyarat
6.       Kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompok atau masyarakat disebut ....
a. kedudukan           c. posisi
b. status                     d. harga diri
7.       Suatu proses mempelajari kebiasaan dan tata kelakukan untuk menjadi bagian dari suatu masyarakat disebut ....
a. belajar hidup       c. interaksi sosial
b. sosialisasi              d. belajar sosial
8.       Yang menjadi media sosialisasi adalah ....
a. orang tua               c. lingkungan
b. keluarga                d. tempat tinggal
9.       Ciri atau watak yang khas dan konsisten sebagai identitas seorang individu disebut ....
a. karakter c. kepribadian
b. ciri khas  d. identitas
10.   Proses sosial di mana suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan lain tanpa menyebabkan hilangnya bentuk kepribadian sendiri dinamakan ....
a. akulturasi              c. kontravensi
b. akomodasi            d. interaksi
11.   Hubungan antara sosialisasi primer dengan sosialisasi sekunder adalah . . . .
a.     sosialisasi primer merupakan bagian dari sosialisasi sekunder
b.    sosialisasi sekunder merupakan bagian dari sosialisasi primer
c.     sosialisasi primer merupakan dasar sosialisasi sekunder
d.    sosialisasi sekunder merupakan dasar dari sosialisasi primer
12.   Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)      Mulai belajar mengambil peranan orang-orang di sekitarnya.
2)      Meniru cara makan, berbicara, berjalan, dan berpakaian.
3)      Mempelajari peranan tokoh masyarakat setempat.
4)      Mampu meniru tingkah laku orang yang dikagumi.
Berdasarkan contoh sosialisasi di atas, yang
termasuk sosialisasi primer adalah nomor . . . .
a. 1) dan 2)                c. 2) dan 4)
b. 1) dan 4)                                d. 3) dan 4)
13.   Pada sosialisasi primer, anak dikenalkan namanya sendiri. Hal ini bertujuan agar anak mampu untuk...
a.     menentukan hak dan kewajiban dalam keluarga
b.    menempatkan diri dalam keluarga dan masyarakat
c.     membedakan dirinya dengan orang lain
d.    menempatkan diri dalam garis kekerabatan
14.   Pemberian hadiah karena perilaku baik pada diri anak yang dilakukan orang tua merupakan tindakan dari pola sosialisasi . . . .
a. partisipatoris        c. persuasif
b. preventif               d. represif
15.   Di antara media sosialisasi yang paling kuat peranannya dalam pembentukan kepribadian seseorang adalah . . . .
a. teman sepermainan         c. keluarga
b. sekolah                                  d. media massa
16.   Seorang calon ibu selalu mengajak komunikasi bayinya walaupun masih dalam kandungan. Tindakan ini merupakan salah satu contoh pemberian pengaruh . . . dalam sosialisasi.
a. sifat dasar                             c. lingkungan prenatal
b. lingkungan alam                 d. lingkungan sosial
17.   Ketika masih duduk di bangku sekolah, Dono selalu bermain-main dengan teman-temannya. Bahkan, seluruh waktunya dihabiskan dengan bermain. Bermain layang-layang di lapangan, mencari katak di sawah, memancing di sungai, bermain karambol, menjadi kegiatan menyenangkan bagi Dono. Namun, seiring Dono menjadi seorang mahasiswa, Dono  enggan melakukan kegiatan tersebut. Menurutnya, melakukan kegiatan tersebut hanyalah membuang waktu percuma.
Perubahan kepribadian Dono cenderung disebabkan oleh pengaruh . . . .
a. warisan biologis                  c. lingkungan sosial
b. lingkungan alam                                 d. kematangan fisik
18.   Warisan biologis yang mempengaruhi kepribadian adalah . . . .
a. tingkah laku dan jenis kelamin
b. kemauan dan ukuran tubuh
c. potensi pikir dan kemampuan tubuh
d. jenis kelamin dan ukuran tubuh
19.   Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Merupakan tempat sosialisasi paling dini.
2) Menanamkan nilai-nilai dasar kehidupan.
3) Merupakan sarana transmisi IPTEK.
4) Sebagai wadah aktualisasi diri di luar.
Dari pernyataan di atas, yang termasuk peran
sosialisasi primer dan sekunder adalah . . . .
a. 1), 2) dan 3), 4)                    c. 1), 4) dan 2), 3)
b. 1), 3) dan 2), 4)                   d. 2), 3) dan 1), 4)
20.   Penerimaan unsur-unsur baru untuk mencegah keguncangan dalam organisasi merupakan salah satu proses asosiatif yang dinamakan . . . .
a. kooptasi                 c. joint venture
b. koalisi                     d. akomodasi
21.   Penyelesaian perselisihan yang melibatkan pihak ketiga sebagai penengah. Dari kasus di atas bentuk akomodasi yang terjadi adalah . . . .
a. coersion                                 c. mediasi
b. ajudikasi                d. kompromi
22.   Perhatikan unsur-unsur di bawah ini!
1) Kehidupan masyarakat yang terisolasi.
2) Adanya sikap toleransi dan empati.
3) Adanya in-group feeling yang kuat.
4) Adanya sikap menghargai antarkebudayaan.
5) Adanya sikap superior.
Manakah unsur yang menghambat terjadinya
asimilasi?
a. 1), 2), dan 4)         c. 2), 3), dan 5)
b. 1), 3), dan 5)        d. 3), 4), dan 5)
23.   Pertandingan sepak bola antarkelas.
Peristiwa di atas merupakan contoh proses disosiatif yang disebut . . . .
a. konflik                    c. kompetisi
b. kontravensi          d. pertikaian
24.   Menetang pihak lawan dengan ancaman atan kekerasan merupakan bentuk disasosiatif ....
a. Persaingan            c. Konflik
b. Kontravensi         d. Kompetisi
25.   Pertikaian antara kelompok yang proreformasi dengan kelompok yang pro-status quo merupakan konflik yang disebabkan . . . .
a. perbedaan antarindividu
b. perbedaan kebudayaan
c. bentrokan antarkepentingan
d. perubahan sosial
26.   Tawuran pelajar merupakan proses disosiatif yang dinamakan . . . .
a. konflik                    c. kompetisi
b. kontravensi          d. kompromi
27.   Tindakan Pak Boneng yang menghasut warga menang dalam pemilihan lurah disebut kontravensi . . . .
a. umum                     c. intensif
b. sederhana            d. taktis
28.   Corak kebudayaan khas menjadi luntur sehingga membentuk corak budaya yang baru yang meru-pakan perpaduan dari hasil percampuran ter-sebut. Pernyataan di atas merupakan proses ....
a. akomodasi            c. asimilasi
b. akulturasi              d. difusi
29.   Karakter dan kepribadian anak pertama kali dibentuk oleh . . . .
a. dirinya sendiri                      c. lingkungan sekolah
b. kedua orang tua                 d. teman sepergaulan
30.   Dari beberapa faktor pembentuk kepribadian anak berikut ini, yang paling sulit diubah adalah ...
a. perilaku sehari-hari           c. unsur genetika
b. kebiasaan anak                   d. pengaruh teman
31.   Kepribadian yang telah ditanamkan di dalam rumah bisa berubah menjadi negatif apabila terkena pengaruh acara-acara televisi, merupakan contoh agen sosialisasi berupa  . . . .
a. teman bermain                   c. media massa
b. masyarakat                          d. lingkungan
32.   Pembelajaran tentang nilai dan norma sosial dalam masyarakat  untuk seorang anak bisa dilakukan pada tahap . . . .
a. persiapan              c. siap bertindak
b. meniru                   d. penerimaan norma kolektif
33.   Agar anak memiliki kepribadian dan perilaku yang baik, saat anak berinteraksi seharusnya . . . .
a.     dibiarkan memilih teman sesuka hatinya
b.    dipisah dari lingkungan rumah agar mandiri
c.     dipilihkan lingkungan yang aman bagi dirinya
d.    dicarikan pengasuh yang bisa menggantikan orang tua
34.   Interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak yang paling baik diadakan . . . .
a. setiap pagi saat sarapan
b. pada siang hari sepulang anak sekolah
c. waktu sore hari menjelang belajar
d. setiap saat jika kedua belah pihak bertemu
35.   Pihak-pihak yang melaksanakan proses sosialisasi disebut  . . . .
a. proses sosial        c. agen sosialisasi
b. agen of change   d. pihak sosialisasi
36.   Fokus terletak pada keinginan anak merupakan pola sosialisasi . . . .
a. primer                    c. represif
b. sekunder              d. partisipatoris
37.   Penentuan hari libur sekolah dapat dilakukan dengan cara akomodasi dalam bentuk . . . .
a. mediasi                  c. koersion
b. konsiliasi                d. ajudikasi
38.   Komunikasi yang dijalankan orang tua kepada anak akan efektif apabila . . . .
a. orang tua menyampaikan pesan secara searah
b. anak dibiarkan pasif mendengarkan nasihat
c. orang tua memerhatikan kematangan anak
d. anak tidak diperkenankan menyela pembicaraan
39.   Orang tua adalah panutan utama bagi anak di rumah. Artinya . . . .
a.     anak tidak boleh mengembangkan kreativitas di rumah
b.    segala sesuatu yang dikerjakan anak harus meniru orang tua
c.     orang tua harus bisa dijadikan teladan untuk segala perilaku
d.    anak harus mematuhi apa pun perintah dan keinginan orang tua
40.   Dua orang yang bertemu kemudian terjadi interaksi sosial di antara mereka, berarti ....
a.     belum terjadi interaksi sosial sepanjang mereka belum berbicara
b.    belum terjadi interaksi sosial sepanjang mereka belum saling berkenalan
c.     sudah terjadi interaksi sosial
d.    hampir terjadi interaksi sosial
41.    Permasalahan dalam masyarakat dapat diselesaikan dengan mempelajari bentuk-bentuk ....
a. interaksi sosial                     c. kepribadian
b. proses sosial                        d. kehidupan sosial
42.   Seseorang yang semakin dewasa berusaha lebih aktif mengembangkan kemampuannya. Upaya-upaya untuk mengembangkan kemampuannya ini dilakukan melalui ....
a. proses pendidikan             c. tindakan komunikasi
b. proses sosialisasi                                d. tindakan sosial
43.   Termasuk dalam proses disosiatif adalah ....
a. kerjasama dan persaingan
b. kerukunan dan akomodasi
c. kerjasama dan kontravensi
d. kontravensi dan persaingan
44.   kerjasama dalam bidang proyek tertentu disebut kerjasama ....
a.       bargaining                          c. kooptasi
b.      joint ventur                       d. kerukunan
45.   Boneng dan Bodong berkelahi di dalam kelas, kemudian Pak Budi memisahkannya. Kejadian tersebut termasuk dalam bentuk akomodasi ....
a.       Arbitrasi                              c. Mediasi
b.      Kompromi                         d. Konsiliasi
46.   Proses sosial yang menunjukkan persatuan disebut ....
a.       Asosiatif                             c. Represif
b.      Disasosiatif                        d. Partisipatoris
47.   Ilmu pengetahuan yang mempelajari interaksi antara manusia dengan manusia disebut ....
a.       Antropologi                     c. Geografi
b.      Sosiologi                           d. Ekologi
48.   Kontak sosial dan komunikasi ada dua syarat terjadinya ....
a.       Sosialisasi                           c. kepribadian
b.      Agen sosialisasi                d. interaksi sosial
49.   Tanda bahwa pesan yang disampaikan telah diterima oleh komunikan disebut ....
a.       Isyarat                                 c. komunikasi
b.      Tanggapan                         d. ping
50.   Menanam pohon di halaman rumah untuk memambah nilai keindahan, keserasian, kehar-monisan, dan penghijauan merupan sikap ....
a.       Teoritis                                c. Dinamis
b.      Ekonomis                           d. Estetis

Essai.

1.      Apa yang dimaksud interaksi sosial?
Interaksi sosial adalah proses saling mempegaruhi dalam hubungan timbal-balik antara individu dengan individu atau individu dengan kelompok. Syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak sosial dan komunikasi.

2.       Sebutkan tahapan pembentukan kepribadiaan seseorang!
1)      Tahapan persiapan (preparetory stage) : ibu mengajarkan anaknya berbicara ‘ibu’.
2)      Tahap meniru (play stage) : perbuatan salah diberikan teguran.
3)      Tahap siap bertindak (game stage) : mampu memahami peraturan nilai dan norma dalam keluarga.
4)      Tahapan penerimaan norma kolektif (generalized stage) : telah beranjak dewasa dan bekerjasama dengan kelompoknya.
3.       Sebutkan masing-masing 5 ciri pola sosialisasi represif dan partisipatoris?

No.
Represif
Partisipatoris
1.
Sanki atau hukuman terhadap kesalahan
Hukuman dan imbalan bersifat simbolis
2.
Materi sebagai hukuman / imbalan
Imbalan  ketika anak berlaku baik
3.
Penekanan kepatuhan terhadap orang tua
Kebebasan yang diberikan kepada anak
4.
Komunikasi satu arah
Komunikasi dua arah
5.
Pusat atau fokus terletak pada keinginan orang tua
Pusat atau fokus terletak pada keinginan anak

5.     Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk kerjasama yang bersifat positif!
1)    Kerukunan: bentuk kerjasama dalam lingkungan hidup bermasyarakat. Contoh: kerjabakti membersihkan lingkungan.
2)    Tawar menawar/bargaining: bentuk kerjasama dalam melaksanakan tawar-menawar. Contoh: tawar-menawar masa hukuman.
3)    Kooptasi: bentuk kerjasama dalam menerima unsur-unsur baru kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi. Contoh: menerima ketua kelas baru.
4)    Joint venture: bentuk kerjasama dalam bidang perusahaan atau proyek-proyek tertentu. Contoh: kerjasama pemerintah dengan swasta untuk membangun monorail.

6.     Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk akomodasi!
1)    Paksaan/coercion: paksaan dari pihak yang kuat terhadap kelompok yang lemah, contoh: perbudakan pada zaman Belanda.
2)    Kompromi: saling memiliki pengertian akan kepentingan pihak lain, contoh: penyelesaian sengketa lahan.
3)    Arbitrasi/arbitration: proses akhir penyelesai-an yang membutuhkan pihak ketiga yang memiliki wewenang dalam penyelesaian masalah, contoh: pertikaian antara buruh pabrik dengan pengusaha melalui peran pemerintah.
4)    Mediasi: proses akhir penyelesaian yang membutuhkan pihak ketiga  sebagai perantara atau penasehat yang bersifat netral, contoh: penyelesaian masalah antara siswa ditengahi oleh guru.
5)    Konsiliasi:  mempertemukan beberapa keinginan dari beberapa pihak yang sedang berselisih demi tercapainya persetujuan bersama, contoh: penentuan hari libur sekolah.
6)    Toleransi: mengutamakan arti penting sifat tenggang rasa dan tidak harus melalui prosedur yang formal, contoh: saling menghormati antarumat beragama.
7)    Saling tidak bereaksi (stalemate): keadaan berhenti pada tingkat tertentu tanpa ada usaha mengurangi tingkat ketegangan, contoh: genjatan senjata.
8)    Penyelesaian pengadilan / adjudikasi: melalui peradilan hukum yang berlaku di dalam sistem peradilan, contoh kasus pencurian yang diajukan ke meja hijau.

7.     Apa yang dimaksud dengan asimilasi dan contoh?
Asimilasi (assimilation) : percampuran dua kebudayaan yang berbeda dan disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Contoh: perkawinan campuran antara ras Negro dengan ras Kaukasoid menghasilkan ras baru.

8.     Apa yang dimaksud dengan akulturasi dan contoh?
Akulturasi (acculturation) : pertemuan (kontak budaya) secara langsung dan terus menerus antarkelompok manusia yang memiliki kebudayaan berbeda namun tidak menghilangkan ciri atau sifat asli dari masing-masing kebudayaan. Contoh: Menara Masjid Kudus merupakan pencampuran budaya Hindu-Budha dengan agama Islam.

9.     Buatkan contoh interaksi primer dan interaksi sekunder!
1)      Interaksi primer: Indro dan Kasino berbincang masalah pekerjaan di lokasi proyek.
2)      Interkasi sekunder: Dono menelpon Kasino yang sedang di luar kota.

10.  Proses disasosiatif (perpecahan)
1)      Kompetisi / persaingan : perbedaan tujuan
2)      Kontranvensi : proses sosial di antara persaingan dan pertentangan.

3)      Pertentangan/konflik : menekan pihak lawan secara fisik atau ancaman.


sumber: Buku BSE Kelas 7 SMP

No comments:

Post a Comment