Monday, August 19, 2013

JALAN-JALAN KE CURUG NANGKA CIAPUS, BOGOR

Curug Nangka atau air terjun nagka berada di Ciapus, sebelah barat daya dari Kota Bogor dan berada di kaki Gunung Salak. Berjarak sekitar 10 km dari Kebun Raya Bogor (KRB) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dari KRB bisa melewati Jalan Ir. Djuanda - Jalan Empang - Jalan Pulo (pintu air Cisadane) - ada pertigaan ambil jalur kiri ke arah Cikaret Jalan Raya Ciapus. Dari Jalan Raya Ciapus yang cukup sempit ROW 10 dengan arus lalulintas cukup lancar jaya. Di ujung Jalan Raya Ciapus sudah terdapat papan penunjuk arah ke Curug Nagka. Apabila naik angkot ada angkot ijo trayek Ciapus - Ramayana dan angkot biru tujuan Ciapus. Dari pangkalan angkot jalan sekitar 1 km ke gerbang Curug Nangka dan dari gerbang jalan lagi mendaki sekitar 1 km lagi tetapi dengan suasana yang adem, sejuh, indah, dan tentram.

Dari penghabisan jalan terdapat pos penjagaan retribusi pertama dan poskedua. Kata penjaganya (18-Agst-13) di gerbang pertama bayar Rp. 7.500/orang sudah termasuk tiket masuk di pos kedua tapi di gerbang kedua ditagih lagi Rp. 2.500/orang. Sedangkan untuk biaya parkir mobil 10.000/mobil dan jasa parkir Rp.5000/mobil. Tidak terdapat areal parkir mobil, mobil dapat diparkir memanjang di sepanjang jalan yang sempit. Untu parkir motor tersedia di pinggir jalan juga tepatnya di ujung jalan menuju jalur pendakian.

banyak tedapat pedangan makanan, minuman, dan sovenir juga ada.
Ada lapangan untuk camping dan ada juga flying fox Rp.30.000/orang.

jalur pendakian lewat jalur darat 40% dan cukup terjal dan licin, apalagi setelah turun hujan.

di jalur pendakian terdapat beberapa kelompok kera ekor panjang.

siapkan cemilan dan air minum untuk bekal perjalanan. INGAT! Buanglah sampah pada tempatnya.
Jalur mendaki sejajar dengan alur sungai sekitar 60 %. Sepanjang aliran air ini dapat dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air dengan aman.

ini air terjun  daun atau curug daun, hanya 8 meteran lah.

ini dia curug nagkanya di saat musim kemarau, kering.


jika lapar di ujung air terjun nangka. beli saja nasi kuning dan dua gorengan seharga 5rb rupiah. enak!

1 comment:

  1. Sayangnya pengelolaan belum bagus. Pungutan masuk masih banyak. https://youtu.be/zi3k-aVd9wI

    ReplyDelete