Wednesday, August 14, 2013

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)

Nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang, masing-masing unsur pelayanan. Dalam perhitungan indeks kepuasan masyarakat terhadap 14 unsur pelayanan yang dikaji, setiap unsur pelaynan memiliki penimbang yang sama dengan rumus sebagai berikut:
Bobot nilai rata-rata tertimbang =

Jumlah bobot / unsur bobot

1 / 14 = 0,071

Untuk memperoleh nilai IKM unit pelayanan digunakan pendekatan nilali rata-rata tertimbang dengan rumus sebagai berikut:
IKM =

Total dari nilai persepsi per unsur / total unsur yang terisi x nilai penimbang

Untuk memudahkan interpretasi terhadap penilaian IKM yaitu antara 25 – 100 maka hasil penelitian tersebut di atas dikonesikan dengan dasar 25, dengan rumus sebagai berikut:
IKM unsur pelayanan x 25


Mengingat unsur pelyanan mempunyai karaktersitik yang berbeda-beda, maka setiap unit pelayanan dimungkikan untuk:

1. Menambah unsur yang dianggap relevan
2. Memberikan bobot yang berbeda terhadap 14 unsur yang dominan dalam unit pelayanan, dengan catatan jumlah bobot seluruh unsur tetap 1.

Tabel 1
Nilai persepsi, interval IKM, interval konveersi IKM, mutu pelayanan dan kinerja unit pelayanan
Nilai persepsi
Nikai interval IKM
Nilai interrval konversi IKM
Mutu Pelayanan
Kinerjja unit pelayanan
1
1,00-1,75
25-43,75
D
Tidak baik
2
1,76-2,50
43,76-62,50
C
Kurang baik
3
2,51-3,25
62,51-81,25
B
Baik
4
3,26-4,00
81,26-100,00
A
Sangat baik

Contoh:
Tabel 2
Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Terminal X
No.
Unsur
Nilai unsur pelayanan
Bobot nilai rata-rata tertimbang
Nilai indeks
 1.
Kondisi taman di terminal
4.4

0,31
 2.
Kondisi pelataran parkir untuk kendaraan pengantar di terminal
4.4
 0.07
0,31
 3.
Kondisi ruang tunggu di terminal
4.6
 0.07
0,32
 4.
Kondisi loket penjualan karcis
4.4
 0.07
0,31
 5.
Kondisi papan informasi
4.5
 0.07
0,32
 6.
Kondisi kamar kecil/toilet
4.5
 0.07
0,32
 7.
Kondisi musholla
4.5
 0.07
0,32
 8.
Kondisi kios/kantin
4.4
 0.07
0,31
 9.
Kondisi ruang informasi dan pengaduan
4.6
 0.07
0,32
 10.
Kondisi telpon umum/wartel
4.4
 0.07
0,31
 11.
Kondisi tempat penitipan barang
4.4
 0.07
0,31
 12.
Kondisi keamanan
4.7
 0.07
0,33
 13.
Kenyamanan ruang tunggu
4.8
 0.07
0,34
 14.
Kecukupan kendaraan di terminal
4.4
 0.07
0,31
 15.
Kemudahan untuk mendapatkan kendaraan
4.5
0.07
0,32

Indeks kepuasan masyarakat (IKM)


4.41

Konversi IKM

88.20

Mutu Pelayanan


A

Sumber: Pengkajian kelas terminal angkutan jalan 2007:II-12

No comments:

Post a Comment