Wednesday, May 8, 2013

KARAKTERISTIK BINTANG DALAM ALAM SEMESTA

BINTANG

Bintang adalah benda langit yang mempunyai cahaya sendiri, terdiri dari gas pijar. Galaksi terdiri dari awan-awan yang berisi debu dan gas, sama seperti bintang. Di dalam awan-awan galaksi itulah awal dari munculnya sinar-sinar bintang. Gas yang terkumpul dalam awan-awan tersebut (sebagian besar adalah hidrogen) terdorong bersama-sama ke sebuah awan lainnya. Lalu awan ini mulai berputar. Atom-atom gas mulai bergesakan satu sama lain, semakin lama semakin cepat. Hal ini membuat energi panas. Awan tersebut menjadi panas dan semakin panas. Dan akhirnya, terjadilah kejadian yang disebut "nuclear fusion" (perpaduan/penyatuan nuklir). Awan tersebut menjadi bersinar. Awan tersebut yang sering disebut sebagai "protostar" inilah yang merupakan bentuk awal dari sebuah bintang.

1. Jarak bintang
 
Data di bawah ini adalah 5 bintang terdekat dengan Bumi, yaitu bintang-bintang dalam 3 parsec atau 10 tahun cahaya. Jarak bintang terjauh dalam galaksi diperkirakan 19.325 pc (63.000 tahun cahaya)

a) Proxima Centauri : 1,31 pc (4,28 tahun cahaya)
b) Alpha Centauri A : 1,34 pc (4,35 tahun cahaya)
c) Alpha Centauri B : 1,34 pc (4,35 tahun cahaya)

d) Barnard's Star : 1,8 pc (5,8 tahun cahaya)
e) Wolf 359 : 2,3 pc (7,6 tahun cahaya)

2. Warna dan ukuran bintang
 
Bintang sering dihubungkan dengan warna (merah, oranye, kuning, biru, putih), perbandingan dan kecermelangannya (kerdil, raksasa, super raksasa). Matahari adalah bintang kerdil berwarna kuning. Bintang biru dan putih lebih panas daripada matahari, tetapi bintang oranye dan merah lebih dingin. Di bawah ini adalah perbandingan ukuran dan kecemerlangan sinar 5 jenis bintang dengan matahari.
a) Sirius B :

putih kerdil, garis tengahnya 1/100 garis tengah matahari, kecemerlangannya 1/400 dari matahari
b) Barnard's Star :

merah kerdil, garis tengahnya 1/10 garis tengah matahari, kecemerlangannya 1/2000 dari matahari
c) Matahari :

kuning kerdil
d) Capella :

kuning raksasa, garis tengahnya 16 kali garis matahari, kecemerlangannya 150 kali kecemerlangan matahari
e) Ringel :

biru-putih raksasa, garis tengahnya 80 kali garis tengah matahari, kecemerlangannya 60.000 kali kecemerlangan matahari
f) Betelgeux :

merah sangat raksasa, garis tengahnya 300-400 kali garis tengah matahari, kecemerlangannya 15.000 kali kecemerlangan matahari

3. Macam-macam bintang dilihat dari kelompoknya

 
a) Cluster
Merupakan gerombolan bintang yang jika diamati dengan mata telanjangdari bumi hanya tampak seperti satu bintang yang besar, tetapi jika diamati dengan teropong akan tampak ribuan bintang yang ukurannya kecil dan bergerombol.
· Globular cluster : bentuknya seperti bola
· Open cluster : bentuknya tidak beraturan

b) Bintang Kembar (double star)
Merupakan bintang yang selalu berpasangan satu sama lain dan mengadakan tarik menarik serta saling berevolusi. Contohnya: alpha centauri, antares (rasi scorpio), Sirius dan aldebaran.

c) Pulser atau bintang Neutron
Merupakan bintang yang massanya lebih besar dari massa matahari dan akhirnya menjadi bintang yang sangat kecil dan padat.

d) Nova
Adalah bintang yang redup dan tiba-tiba menjadi100 – 1.000.000 kali lebih terang untuk beberapa saat/hari sebelum memudar kembali. Hal ini disebabkan karena bintang tersebut meledak di ruang antariksa, tetapi bintang tersebut tidak rusak dan tetap bersinar. Keadaan ini dapat berlangsung berkali-kali.

e) Quasars
Suatu benda yang tampak seperti bintang (tetapi bukan bintang) yang bersinar redup dan mampu meberikan energy pada bendabenda antariksa lainnya.

f) Black hole (lubang hitam)
Suatu bintang yang sangat besar dengan massa yang ebih besar dari massa matahari dan dapat menyusut jauh lebih kecil serta menjadilbang hitam. Lubang hitam ini tidak dapat dilihat dan hanya bias dideteksi melalui pengaruh yang diberikan pada bintang-bintang lain disekitarnya. Black hole dapat mengacaukan ruang dan waktu, karena gravitasinya yang begitu besar maka segala benda-benda angkasa yang mendekatinya akan ditarik dan lenyap untuk selama-lamanya. 




copydari: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005307736/info-galaksi-bintang-dan-satuan-jarak/ 

No comments:

Post a Comment