Monday, March 25, 2013

METODE PENDEKATAN GEOGRAFI

Dalam geografi terpadu (integrated geography) untuk mendekati suatu masalah dalam geografi digunakan berbagai macam pendekatan (approach) yaitu pendekatan analisa keruangan (spatial analysis), analisa kelingkungan (ecologycal analysis), dan analisa kompleks wilayah (regional complex analysis). pendekatan tersebut merupakan ciri khas dari ilmu geografi untuk menjelaskan berbagai fenomena aalam dan fenomena sosial. berbeda dengan yang digunakan oleh geografi ortodok yang hanya membedakan anatara elemen fisikal dan non-fisikal.


A. pendekatan keruangan (spatial analysis)
..analisa keruangan mempelajari perbedaan lokasi mengenai sifat-sifat penting yang menekankan pada eksistensi ruang (lokasi dan waktu). dalam analisis keruangan yang harus diperhatikan adalah penyebaran penggunaan ruang dan penyediaan ruang yang akan digunakan untuk berbagai keperluan yang telah direncakan..
contoh:
1. untuk mengatasi banjir yang sering melanda Ibu Kota Jakarta, Gubernur Fauzi Bowo membangun Banjir Kanal Timur hingga ke Cilincing (Teluk Jakarta).
2. wilayah Indonesia merupakan kawasan yang rawan bencana alam seperti gempa bumi dan gunung meletus, hal ini dikarenakan wilayah Indonesia merupakan pertemuan tiga lempeng benua dan dua jalur pegunungan api dunia.
3. di Indonesia terdapat tiga zona wilayah persebaran fauna yang dipisahkan oleh garis Wallace dan garis Weber

..pendekatan keruangan = satu wilayah (Jakarta, Indonesia) - terdapat pemecahan masalah (BKT) - hubungan sebab-akibat alam dengan alam/fisikal (rawan gempa karean pertemuan 3 lempeng tektonik)..

B. pendekatan kelingkungan (ecologycal analysis)

..ekologi merupakan studi mengenai interaksi antara organisme hidup dengan lingkungannya. pendekatan kelingkungan merupakan analsis berdasarkan interaksi manusia dengan lingkungannya yang menciptakan ekosistem. pendekatan ini menekankan pada keterkaitan antara suatu fenomena geosfer dengan variabel lingkungan yang ada dan mengaitkan hubungan mahluk hidup dengan fenomena alam dan perilaku manusia..
 contoh:
1. penebangan hutan di wilayah puncak Cisarua, Bogor telah mengakibatkan bencana tanah longsor dan banjir yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa serta harta benda.
2. kebiasaan warga Jakarta membuang sampah di kali, semakin membuat banjir di Jakarta semakin parah saat musim penghujan.
3.  hutan kota berfungsi sebagai wilayah penghasil oksigen agar bahaya pencemaran udara di perkotaan dapat dikurangi.

..pendekatan kelingkungan = sebab akibat antara perilaku manusia dengan alam yang menimbulkan bencana dan atau keuntungan bagi manusia..

C. pendekatan kompleks wilayah (regional complex analysis)

.. pendekatan kompleks wilayah adalah kombinasi antara analisa keruangan dan analisa ekologi. wilayah-wilayah tertentu didekati dengan pengertian areal differentation, yaitu suatu anggapan bahwa interaksi antar wilayah akan berkembang karena pada hakekatnya suatu wilayah berbebeda dengan wilayah yang lain. dalam hubunganya dengan analisa kompleks wilayah ini ramalan wilayah (regional forecasting) dan perencanaan wilayah (regional planning) merupakan aspek-aspek dalam pendekatan tersebut..
contoh:
1. untuk meratakan jumlah penduduk, pemerintah Indonesia melaksanakan program transmigrasi yaitu perpindahan penduduk dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera atau ke pulau Kalimantan.
2. banjir di Jakarta setiap kali musim penghujan diakibatkan banyak sungai yang tidak mampu menampung air hujan, selain itu, banyak terjadi alih fungsi lahan di DAS Ciliwung dari wilayah hulu (Bogor), tengah (Depok), dan hilir (Jakarta).
3. lumpur lapindo merupakan salah satu bencana nasional yang sulit untuk diselesaikan, oleh karena itu diperlukan kerjasama dari semua pihak untuk mengatasi permasalahan tersebut.

..Pendekatan kompleks wilayah = meliputi banyak tempat (>2), sebab-akibat dengan pemecahan masalah, merupakan perencanaan.. 

------
bahasa asing = huruf miring
awal kalimat = Huruf besar

sumbere:
Bintarto dan Surostopo. 1978. Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES.

8 comments:

  1. makasih bro,ini sngat membantu saya dalam pemahaman geografi,hehe

    ReplyDelete
  2. pembangunan kawasan pemukiman yang dilengkapi dengan pemnbangunan fasilitas umum, infrastruktur di wilayah perkotaan terus dikembangkan. pembangunan juga melibatkan wilayah sekitarnya.

    kalau ini pakai pendekatan apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata kunci: "pembangunan juga melibatkan wilayah sekitarnya", berarti menggunakan pendekatan kompleks wilayah.

      Delete
  3. Mau tanya..
    Antara pendekatan kewilayahan dengan pendekatan kompleks wilayah itu sama atau beda ya?
    Mhn bantuanny..trmksh

    ReplyDelete
  4. kalo bencana tsunami kayak di Aceh itu pake pendekatan apa? dan apa alasannya?
    makasih...

    ReplyDelete
  5. oh jadi seperti itu ya contoh pendekatan keruangan, mampir juga ya ke www.materi-sekolah.com

    ReplyDelete