Thursday, January 10, 2013

Hakikat Faktor-Faktor dan Unsur-Unsur Geografis

 
Faktor geografis adalah jenis-jenis di dalam faktor alam yang mempunyai pertalian langsung atau tak langsung dengan kehidupan manusia dalam arti memberikan fasilitas kepadanya  untuk menghuni permukaan bumi sebagai wilayah (N. Daldjoeni, 1997:22). Menurut N. Daldjoeni (1997:21) terdapat delapan faktor geografis yang mempengaruhi kehidupan manusia yaitu: relasi ruang (lokasi, posisi, bentuk, luas, jarak); relief atau topografi (tinggi rendahnya di permukaan bumi); jenis tanah; flora dan fauna; air tanah dan kondisi pembuangan air; sumber-sumber mineral (barang tambang); dan relasi dengan lautan.
Dalam ilmu geografi untuk membedakan faktor-faktor geografis dapat dikenali melalui unsur-unsur lingkungan. Unsur-unsur lingkungan tersebut meliputi:
1.      Unsur-unsur fisis seperti cuaca, iklim, relief, tanah, mineral, air tanah, samudera, dan sebagainya;
2.      Unsur-unsur biotis seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme (jasad renik);
3.      Unsur-unsur teknis seperti pergedungan, jaringan jalan, alat transportasi, dan komunikasi;
4.      Unsur-unsur abstrak seperti bentuk (persegi, bulat, memanjang) , luas wilayah, lokasi tempat, dan jarak antar tempat.

Objek geografis adalah fenomena geosfer yang menjadi pokok pembahasan dalam ruang dan waktu di permukaan bumi. Objek geografis digolongkan menjadi dua, yaitu: objek geografis fisik dan objek geografis non fisik. Objek geografis fisik antara lain bentang alam, letak, luas, batas, dan iklim. Sedangkan objek geografis non fisik adalah keadaan penduduk dan aktivitasnya. Gejala geografis dalam kehidupan sehari-hari meliputi letak fisiografis atau fisik dan sosiografis atau sosial yang dapat dilihat dalam bentuk sebagai berikut: 
  1. Penyebaran keadaan tidak merata di muka bumi yang meliputi bentangan alam, manusia, hewan, dan tumbuhan.
2. Maksud interelasi atau adanya hubungan yang saling terkait antara unsur yang satu dengan unsur yang lain di dalam ruang.
 








No comments:

Post a Comment