Tuesday, July 31, 2012

KONSEP KOSMOGRAFI

CTRL + C


Bismillah,,

Menurut P. Simamora dalam bukunya yang berjudul Ilmu Falak, Kosmografi diartikan sebagai suatu konsep ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang ilmu-ilmu yang berhubungan denagan perbintangan atau benda-benda angkasa yang terdapat di luar angkasa yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kehidupan manusia di Bumi. Sebagai suatu konsep dasar ilmu pengetahuan alam semesta, Kosmografi merupakan cabang dari ilmu Astronomi yang kedudukannya sejajar dengan ilmu-ilmu lain yang mempelajari benda langit sebagai objeknya. ilmu-ilmu lain tersebut antara lain seperti Kosmologi, Astrologi, dan Kosmogoni.

Astronomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perbintangan secara umum mulai dari  sifat-sifat fisik, kimia, gerakan/peredarannya di alam semesta sampai dengan proses terbentuk dan lenyapnya suatu benda langit.

Kosmologi adalah ilmu pengetahuan yang secara fisik mempelajari proses terjadinya benda langit, mulai dari awal mula terbentuknya hingga lenyapnya benda langit tersebut tanpa memperhatikan jenis-jenis kimia yang terkandung dalam benda langit tersebut.

Astrologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kedudukan benda-benda langit yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi karakteristik manusia secara umum, seperti sifat-sifat yang terkait dengan nasib, tingkahlaku, watak atau karakter seseorang.

Kosmogoni adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari unsur-unsur fisik yang berhubungan dengan unsur kimia yang terkandung dalam benda-benda langit.

Semoga Bermanfaat,,

Sumber: Bahan Ajar M.K. Kosmografi, Jurusan Geografi, FIS, UNJ


CTRL + V

No comments:

Post a Comment